Jamaah Jumat hadaniyallah waiyyakum
Dalam kitab Fath al-Bari, hijrah dapat dibedakan menjadi dua macam yakni hijrah secara lahir dan hijrah secara batin. Hijrah secara batin adalah hijrah berarti meningalkan sesuatu yang mendorong nafsu amarah dalam melaksanakan kejahatan dan mengikuti jejak setan. Sedangkan secara lahir, hijrah berarti menghindar dari berbagai fitnah dengan mempertahankan agama.
Maka hijrah di jalan Allah merupakan proses untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dalam proses tersebut, Istiqamah menjadi fase paling penting yang perlu dijaga ketika seseorang telah bertekad untuk berhijrah. Hijrah tidak hanya dimaknai dalam pengertian sempit perubahan penampilan fisik semata.
Sebab, hijrah yang dilakukan hanya sebatas perubahan penampilan tanpa dibarengi dengan penataan hati, maka yang terjadi adalah kesombongan religiusitas, merasa paling benar dan menganggap ‘rendah’ orang-orang yang belum mendapat hidayah.
Seperti fenomena hijrah dewasa ini yang ramai di media sosial adalah fenomena hijrah kaum muda, pelajar, mahasiswa dan kalangan professional, bahkan kalangan artis.
Di sisi lain, gairah hijrah menjadi daya kekuatan untuk taat mengamalkan kewajiban dan sunnah, di sisi lain tidak sedikit fenomena hijrah juga ditampakkan dalam atribut kesalehan lahiriah, semisal dari tidak berjilbab sama sekali menjadi berjilbab lebar-lebar, tidak berjenggot hingga memanjangkannya lebat-lebat, dan semisalnya.
Maka batasan dan makna hijrah harus direoriantasi menuju hijrah secara substansial. Hijrah dengan penampilan adalah hal terrendah dalam Islam, yang utama adalah Istikamah dan menyebar kedamaian.
Oleh karena itu, yang terpenting dari memaknai gerakan dan fenomena ‘hijrah’ adalah menyelami substansinya. Jangan sampai kita terjebak pada gerakan euphoria semata, karena banyak orang yang hijrah, lantas ikut-ikutan hijrah tanpa memahami makna sebenarnya.
Jamaah Jumat hadaniyallah waiyyakum
Tradisi Hijrah dalam catatan Sejarah Islam dilakukan oleh para nabi, ulama, dan orang-orang saleh. Nabi Nuh as diutus dan berdakwah ditengah-tengah kaumnya selama 950 tahun, akan tetapi ironisnya jumlah kaum pengikut nabi Nuh tidak bertambah, sedangkan jumlah kaum kafir justru bertambah dan menentangnya.
Sampailah saatnya Allah swt memerintahkan kepada Nabi Nuh as, untuk membuat bahtera. Lalu segeralah Nabi Nuh as, membuatnya. Setelah selesai menyelesaikan perakitan (pembuatan) kapalnya Nabi Nuh as, menerima wahyu hijrah menyelamatkan diri bersama pengikutnya manaiki bahtera, Seperti dijelaskan dalam QS Hud: 40.
Nabi Ibrahim as, hijrah ke Syam setelah kaumnya menginginkan untuk membakar Nabi Ibrahim as, dan mengharapkan kebinasaanya. Nabi Ibrahim juga berhijrah ke Mesir ketika terjadi paceklik berkepanjangan. Selain itu Nabi Ibrahim as, bersama anaknya Ismail dan Istrinya Hajar ke Mekah untuk membangun Baitullah.
Nabi Musa as, setelah sekian lama tinggal di Mesir untuk menyeru kepada Fir‟aun dan para pengikutnya agar beriman kepada Allah swt., akan tetapi mereka menolak seruan itu bahkan selalu mendapatkan tekanan, siksaan, intimindasi dan lain sebagainya, saat itu Allah swt, memerintahkan Musa as, untuk meninggalkan Negeri Mesir beserta Bani Israil menuju Madyan.
Imam Syafii hijrah ke Mekah untuk menuntu ilmu kepada para ulama alhi Fiqh serta ahli Hadits disana sampai Ia memiliki kedudukan yang tinggi.
Jika dicermati hijrah yang tercover dalam catatan sejarah orientasi secara seubstansial adalah untuk menjaga keimanan, menjauhi larangan Allah, menuntut ilmu dan menata kehidupan sosial yang lebih berahlak dan beradab.