Anear BAB (Foto: MNC Media)
Siska Permata Sari

JAKARTA, iNews.id - Pada bulan suci Ramadan, umat muslim yang memenuhi syarat wajib untuk mengikuti ibadah puasa. Saat menahan haus dan lapar, ada banyak sekali godaan-godaan yang dapat membuat muslimin dan muslimah tergoda untuk batal puasa.

Contohnya yaitu saat melihat postingan foto-foto makanan di media sosial. Sebenarnya, boleh tidak ya posting atau share foto makanan pada saat jam puasa?

Di acara nunggu bedug, Ustadz Najmi Fathoni akan berbagi informasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan menarik. Walaupun di Ramadhan kali ini kita tetap perlu untuk membatasi diri untuk pergi ke luar rumah, kita bisa tetap belajar dan menggali banyak informasi baru dengan media sosial. 

Pertanyaan kali ini disampaikan oleh penyanyi, Anwar BAB. Anwar penasaran tentang hukum memposting foto makanan di saat puasa.

Ustadz Najmi mengungkapkan bahwa hukum memposting makanan saat jam puasa tergantung pada niatnya. Karena foto saja tidak membatalkan puasa, tapi bisa mengurangi pahala puasa. 

Ustadz Najmi mengungkapkan jika memposting foto makanan dengan informasi yang berguna seperti rekomendasi resep, maka boleh-boleh saja, bahkan bisa menjadi ladang pahala. Jika niat memposting foto makanan adalah untuk menggoda seseorang untuk batal, maka itu tidak boleh. 

“Berarti yang harus dilurusin niatnya” jelas Ustadz Najmi.

Yuk dengar penjelasan Ustadz Najmi selengkapnya di YouTube channel StarHits!

https://www.youtube.com/watch?v=FGidh5NPTw0&list=PLdoAx-aXXrj8LJd6XSpFoy0QIAm0G4JAL&index=21


Editor : Dini Listiyani

BERITA TERKAIT