Kolase foto artis yang idap penyakit bipolar. (Foto: Instagram)
Ayu Utami Anggraeni

JAKARTA, iNews.id - Ada sejumlah artis idap penyakit bipolar. Ini merupakan gangguan yang berhubungan dengan perubahan suasana hati yang ekstrem, mulai dari posisi terendah atau depresif ke tertinggi atau fase manik.

Sebagaimana kita ketahui, gangguan mental memang bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali dengan para artis. Seiring dengan berkembangnya zaman, kini orang pun mulai aware dan terbuka dengan masalah kesehatan mental.

Itu sebabnya ada sejumlah artis idap penyakit bipolar ini yang mengakuinya ke publik. Siapa saja? Berikut daftarnya seperti dirangkum pada Minggu (11/9/2022).

1. Marshanda

Artis idap penyakit bipolar di urutan pertama, ada Marshanda. Sudah bukan rahasia umum lagi, jika aktris cantik ini mengidap gangguan bipolar. Mantan istri Ben Kasyafani itu secara terang-terangan mengaku idap bipolar tipe II sejak 2009. Sampai saat ini Marshanda masih menjalani perawatan dan minum obat, meski sejak 2021 dosis obat-obatannya sudah diturunkan. 

Tak hanya mengakui kondisi kesehatan mentalnya, Marshanda juga bertekad ingin menghapus stigma terhadap penderita penyakit bipolar. Dia ingin masyarakat Indonesia lebih aware terhadap kesehatan mental dan juga lebih berempati.

2. Rachel Vennya

Artis idap penyakit bipolar di urutan selanjutnya, ada Rachel Vennya. Selebgram ini diketahui didiagnosis mengidap bipolar pada April 2020. Lewat kanal YouTube miliknya, mantan istri Niko Al Hakim alias Okin itu telah mengalami perubahan emosi sejak kecil.

Bahkan janda dua anak itu sempat melakukan percobaan bunuh diri dengan membenturkan kepalanya ke tembok saat emosi.

3. Awkarin

Artis idap penyakit bipolar berikutnya, ada Karin Novilda atau akrab disapa Awkarin. Selebgram satu ini juga mengungkapkan secara terbuka bahwa dirinya mengidap gangguan mental bipolar.

Bahkan pada 2018 silam, mantan tunangan Gangga itu sempat ingin melakukan bunuh diri.

4. Medina Zein

Artis idap penyakit bipolar di urutan terakhir, ada Medina Zein. Dia diketahui mengidap bipolar tipe II. Perempuan yang kini sedang ditahan di penjara itu mengidap bipolar sejak 2016 lalu.

Diakui Medina gangguan mental tersebut merupakan keturunan genetik dari ibunya, Tien Wartini.



Editor : Siska Permata Sari

BERITA TERKAIT