Artis Legendaris Indonesia Hidup Mewah saat Muda, Berakhir Tragis di Hari Tua. (Foto: instagram)
Siska Permata Sari

JAKARTA, iNews.id - Bukan rahasia lagi bahwa kehidupan para artis identik dengan kemewahan. Terlebih artis yang laris dan menjadi legenda tersendiri di industri hiburan. Namun ada beberapa artis legendaris Indonesia hidup mewah saat muda, berakhir tragis di hari tua. 

Ya meskipun menjadi artis legendaris dan sempat merasakan hidup mewah, artis-artis ini justru merasakan kepahitan di hari tua atau bahkan di penghujung hidupnya. Apa sebabnya?

Masing-masing mempunyai kisah tersendiri. Siapa saja sih artis legendaris Indonesia yang hidup mewah saat muda, berakhir tragis di hari tua atau penghujung hidupnya? Berikut daftarnya, seperti dirangkum pada Sabtu (21/5/2022).

1. Dhalia

Artis Legendaris Indonesia Hidup Mewah saat Muda, Berakhir Tragis di Hari Tua. (Foto: Instagram)

Artis legendaris Indonesia yang hidup mewah saat muda berakhir tragis di hari tua atau di penghujung hidupnya ada Dhalia. Dia adalah aktris yang tenar di era 1950-an sekaligus peraih piala FFI pertama sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik pada 1955. Selain terkenal sebagai aktris, Dhalia juga mempunyai latar belakang yang tidak sembarangan. Perempuan asal Medan ini adalah keturunan keluarga bangsawan di Deli, Sumatra Utara. 

Pada masanya, Dhalia juga merupakan aktris laris. Sayang, di masa tuanya, Dhalia justru hidup mengontrak rumah bersama anak perempuannya yang sudah menjanda dan cucunya di kawasan Pegangsaan, Jakarta Pusat. Bahkan, Dhalia sempat mengaku pusing mencari uang untuk membayar kontrakan rumahnya.

2. Marlia Hardi

Artis Legendaris Indonesia Hidup Mewah saat Muda, Berakhir Tragis di Hari Tua

Kemudian ada Marlia Hardi. Kisahnya tidak kalah mengharukan. Marlia Hardi, yang dikenal sebagai aktris era 1970-an, sangat populer dengan perannya sebagai ‘Bu Mar’ di sandiwara televisi Keluarga Marlia Hardi. Namun sayang, kisah akhir hidupnya cukup mengagetkan. Sebab, Marlia meninggal dunia usai ditemukan gantung diri oleh supirnya di kediamannya di kawasan Setiabudi, Jakarta. 

Diketahui sebelum memutuskan bunuh diri, Marlia sempat dikirimi surat-surat teror berisi ancaman untuk melaporkannya ke polisi. Sebabnya, saat itu Marlia terlilit utang piutang gara-gara arisan. Arisan itu berjalan lancar pada awalnya, namun karena banyak anggota yang menunggak setoran, Marlia lah yang harus menambal uang tersebut dengan mencari pinjaman utang. 

Dia berlaku demikian karena berperan sebagai bandar, yang bertanggung jawab mengumpulkan uang dan siap nombok bila ada anggota yang tak menyetor uang arisan. Marlia mengembuskan napas terakhirnya di usia 57 tahun pada 18 Juni 1984.

3. Titien Sumarni

Artis Legendaris Indonesia Hidup Mewah saat Muda, Berakhir Tragis di Hari Tua

Artis legendaris Indonesia yang hidup mewah saat muda, berakhir tragis di hari tua ada Titien Sumarni. Aktris cantik top era 1950-an ini meninggal di usia muda dan dalam keadaan yang cukup tragis. Terkenal sebagai aktris cantik yang ngetop dan membintangi puluhan judul film, Titien meninggal dunia di usia 33 tahun dalam keadaan memprihatinkan pada Mei 1966. 

Titien dikabarkan meninggal dalam keadaan miskin di Kota Bandung, Jawa Barat. Sebelum meninggal, Titien diketemukan tergeletak di sebuah bangsal rumah perawatan sebagai pasien dari seorang paranormal bernama ‘Mamih Aceng'. Dia dikabarkan menderita sakit paru-paru dan sempat dirawat di rumah sakit. Kabar kematiannya saat itu pun simpang siur, karena di lain sisi ada wartawan menyebut bahwa Titien meninggal bukan karena sakit paru-paru. 

Dokter yang merawatnya bahkan mengungkap kondisi Titien sempat membaik saat dirawat. Namun, Titien disebut kembali memburuk usai dia mengonsumsi kiriman makanan ketan hitam dari orang tak dikenal. Tetapi tak lama dari kabar itu, dokter tersebut meralat dan menyebut bahwa Titien meninggal dunia karena penyakit komplikasi yang sudah lama dideritanya.


Editor : Elvira Anna

BERITA TERKAIT