Kang Ibing, pelawak legendaris era 1970-an. (Foto: IG)
Siska Permata Sari

JAKARTA, iNews.id - Sosok Kang Ibing di industri hiburan Tanah Air terkenal sebagai seorang pelawak sekaligus aktor. Karier pelawak asal Sumedang Jawa Barat tersebut mulai bersinar sejak memerankan karakter Kabayan di film Si Kabayan pada tahun 1975.

Selain lekat dengan imej ‘Kabayan’, Kang Ibing juga terkenal dengan bobodoran Sunda yang berhasil membuat masyarakat terhibur, tanpa mengecilkan lawan main, atau pelawak lainnya.

Berikut fakta-fakta menarik tentang Kang Ibing, pelawak legendaris era 1970-an, seperti dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Rabu (15/9/2021).

1. Memulai karier jadi penyiar radio

Sebelum terkenal sebagai Kabayan, Kang Ibing telah memulai kariernya sebagai seorang penyiar radio. Pemilik nama asli Raden Aang Kusmayatna Kusiyana Samba Kurnia Kusumadinata  ini tercatat aktif sebagai penyiar di Radio Mara sejak tahun 1970 sampai 2008.

2. Bergabung dalam De'Kabayan

Sebagai seorang pelawak, Kang Ibing juga tergabung dalam grup lawak Indonesia, yakni De’Kabayan. Grup lawak tersebut terdiri dari pelawak asal Sukabumi, Aom Kusman Kartanagara, dan Suryana Fattah, pelawak asal Garut yang terkenal dengan nama Babah Holiang. 

3. Lulusan Sastra Rusia

Meski terkenal dengan bobodoran Sunda, rupanya Kang Ibing merupakan lulusan Sastra Rusia di Fakultas Sastra Universitas Padjajaran, Bandung, lho! Selama menjadi mahasiswa, pria kelahiran 20 Juni 1946 ini juga aktif menjadi Penasehat Departemen Kesenian hingga Staf Asisten Dosen Fakultas Sastra Unpad.

4. Menjadi pendakwah

Selain sebagai seorang aktor dan pelawak, Kang Ibing juga terkenal sebagai pendakwah. Bermula dari suatu ketidaksengajaan, Kang Ibing akhirnya kerap diundang sebagai penceramah di kota Bandung, luar Jawa, hingga luar negeri. Diketahui, sebelum meninggal dunia, Kang Ibing sempat memberikan ceramah di Korea Selatan.

5. Meninggal mendadak

Pada tahun 2010, tepatnya pada 19 Agustus, Kang Ibing mengembuskan napas terakhirnya di usia 64 tahun. Anaknya, Mega Kusmananda, mengatakan, sang ayah masih sehat sebelum meninggal dunia. Saat itu, sang ayah baru pulang dari Sumedang, lalu terjatuh tak sadarkan diri di kediamannya di Bandung. 

“Kalau dibilang Kang Ibing sakit atau apa, enggak ada. Cuma memang ada penyakit bawaan, bawaannya yaitu jantung,” kata dia dikutip dari kanal YouTube Ruangkreasi TV, Rabu.


Editor : Dyah Ayu Pamela

BERITA TERKAIT