Adinia Wirasti terlibat dalam mempromosikan gerakan membaca/ (Foto: iNews.id/Siska Permata Sari)
Siska Permata Sari

JAKARTA, iNews.id – Adinia Wirasti menjadi salah satu figur publik yang ikut mempromosikan gerakan membaca. Selain membaca adalah pekerjaannya, sahabat PerpuSeru ini juga merasakan manfaat mendapatkan ilmu pengetahuan.

Sementara itu, berbagai figur publik juga terlibat dalam mempromosikan gerakan baca, yakni Najwa Sihab sebagai Duta Baca dan Adinia Wirasti sebagai sahabat PerpuSeru.

Membaca buku di perpustakaan, kini memang  bukan menjadi hal yang membosankan lagi. Perpustakaan telah bertransformasi menjadi tempat "kongkow" yang asyik bagi kaum milenial.

Apalagi, sekarang ini kita memasuki era digital dan teknologi. Membaca, bahkan tak hanya bisa melalui buku saja, tetapi lewat genggaman selular pintar. Dengan sekali klik saja, maka kita bisa mendapat informasi yang sangat banyak.

"Perpustakaan ternyata dapat melakukan perubahan sosial dengan buku-buku ilmu terapan, sehingga masyarakat bisa membuka lapangan kerja dan itu dapat mengurangi pengangguran," kata Kepala Perpustakaan Republik Indonesia Muh Syarif Bando, ditemui iNews.id dalam acara PerpuSeru bersama Coca Cola Foundation Indonesia di Jakarta, Senin (6/11/2017).

PerpuSeru sendiri merupakan program yang mengembangkan perpustakaan umum menjadi pusat belajar masyarakat yang menggunakan teknologi informasi. Kini, PerpuSeru telah tersebar di 586 perpustakaan desa dan 104 perpustakaan kabupaten di 18 provinsi.

Alasan mengapa PerpuSeru diadakan di daerah, Chief Executive Coca Cola Foundation Indonesia, Titie Sadarini mengatakan, karena di desa dan kabupaten akses buku tidak semudah di kota.

"Di kabupaten dan desa itu, butuh bantuan dalam akses buku, sehingga itulah mengapa kami fokus menerapkan PerpusSeru di Desa dan Kabupaten," kata Titie.

Sementara itu, berbagai figur publik juga terlibat dalam mempromosikan gerakan baca, yakni Najwa Sihab sebagai Duta Baca dan Adinia Wirasti sebagai sahabat PerpuSeru.

"Saya ingin terlibat karena memang ingin sharing saja. Sebagai aktris, membaca itu pekerjaan saya. Waktu saya sekolah di Amerika, juga mengharuskan kami (murid) untuk di perpustakaan. Mungkin dari situ terbawa. Sederhananya, saya hanya ingin sharing lifestyle yang baik dan juga percaya, pengetahuan itu kekuatan," papar Adinia Wirasti.



Editor : Tuty Ocktaviany

BERITA TERKAIT