Pemilihan platform pun bukan merupakan hal yang bisa dilakukan secara sembarangan. Platform fitur seperti Shopee Live yang dipilih memiliki peran signifikan dalam penjualan.
Melalui riset dari Populix berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” terungkap bahwa tiga kategori produk yang sering dibeli melalui live streaming platform, antara lain Fashion dan Aksesoris Fashion, Kecantikan, Perawatan dan Kesehatan, serta Gaya Hidup.
Pada ketiga kategori tersebut, Shopee Live unggul jauh melampaui para pesaingnya, termasuk pemain baru yaitu, TikTok Live. Di mana persebaran persentase terlihat pada tabel dibawah:
Hal ini didukung dengan paparan data, di mana platform live streaming yang paling sering digunakan untuk belanja online, jauh melampaui pesaing terdekatnya. Di mana, 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, di atas para pesaingnya, seperti pemain baru TikTok Live yang berada di angka 25 persen.
Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia dengan hasil 60 persen responden, sementara TikTok Live sebagai pemain baru mendapatkan 30 persen.
Melalui lini bisnis yang fokus berjualan produk perawatan dan kecantikan, Nikita membutuhkan platform yang mendukung dengan pasar yang kuat, khususnya pada kategori tersebut.
Dapat disimpulkan, selain berita Shopee Live menggemparkan yang datang dari teman-teman selebritisnya, penetapan hati Nikita dalam memilih fitur ini juga didukung dengan fakta bahwa Shopee Live masih menjadi platform live stream terbesar untuk berjualan saat ini.
Jangan sampai kelewatan, siapa lagi artis yang akan bergabung di Shopee Live?