Perayaan hari Valentine paling heboh di dunia. (Foto illustrasi istimewa)
Intan Afika Nuur Aziizah

JAKARTA, iNews.id Perayaan valentine paling heboh di dunia selalu terjadi menjelang 14 Februari, yang juga dirayakan sebagai hari kasih sayang. Faktanya perayaan Valentine tak hanya memberi bunga dan cokelat, beberapa negara ini justru menyelenggarakan pesta meriah hingga hidangan istimewa secara besar-besaran.

Di Indonesia perayaan hari kasih sayang identik dengan pasangan. Bahkan ada yang menjadikan hari Valentine sebagai ajang untuk menyatakan cinta. Penasaran perayaan Valentine di negara lain? 


Berikut deretan perayaan Valentine paling heboh di dunia, yang dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Minggu (13/2/2022).


1. Hari Cokelat Nasional di Ghana

Perayaan Valentine paling heboh di dunia berlangsung di Ghana. Di negara bagian Afrika Barat ini, 14 Februari diperingati sebagai “Hari Cokelat Nasional”. Ini adalah langkah yang diambil pemerintah Ghana pada 2007 untuk meningkatkan pariwisata di negara itu karena Ghana adalah salah satu negara penghasil kakao terbesar di dunia. Pada 14 Februari, akan ada banyak pertunjukan meriah, acara musik hingga restoran dengan menu istimewa di setiap sudut kota. 


2. Pesta Santo Dionysus

Perayaan Valentine paling heboh di dunia selanjutnya berlangsung di Spanyol. Hari kasih sayang di negara ini jatuh pada tanggal 9 Oktober dan dikenal sebagai pesta Santo Dionysus. Festival ini dirayakan di sebagian besar wilayah Spanyol dengan membuat 'macadora' atau patung marzipan yang lucu dan dibuat oleh pria untuk diberikan kepada teman wanita mereka. Selain itu, parade warna-warni pun akan menghiasi jalan-jalan desa Spanyol.


3. Festival Makan di Cina Barat Daya

Perayaan hari Valentine paling heboh di dunia. (Foto: Istimewa)

Perayaan Valentine paling heboh di dunia berikutnya berlangsung di Cina Barat Daya. Di Miao, festival “Sisters' Meal” dirayakan pada tanggal 15 Maret. Selama festival, para wanita akan mengenakan aksesoris perak dan gaun indah. Mereka juga akan memasak berbagai hidangan nasi berwarna yang ditawarkan di atas kain sutra untuk para pemuda yang lewat di jalanan. Nantinya, nasib para pasangan akan berada di dalam benda yang ditemukan di nasi yang dipilih. Dua sumpit berarti cinta dan satu siung bawang putih berarti cinta sudah berakhir, bahkan sebelum dimulai. Seru banget kan?


4. Festival untuk Semua Orang di Estonia

Perayaan Valentine paling heboh di dunia lainnya berlangsung di Estonia. Pada 14 Februari, negara ini merayakan hari persahabatan yang dikenal sebagai Sobrapaev. Festival yang luar biasa ini mencakup semua orang, dari sepasang kekasih hingga lajang sekalipun. Jadi bukan hanya pasangan, tetapi anggota keluarga dan teman pun ikut bertukar hadiah dan merayakan cinta.


5. Dia dos Namorados di Brasil

Perayaan hari Valentine paling heboh di dunia. (Foto: Istimewa)

Perayaan Valentine paling heboh di dunia kelima berlangsung di Brasil. Dalam sebuah festival bernama “Dia dos Namorados” atau yang juga dikenal sebagai “Hari Kekasih”, para pasangan akan melakukan pertukaran cokelat, kartu, bunga, hingga makan malam mewah bersama keluarga. Selain itu, akan ada banyak festival musik dan pertunjukan tari yang seru di setiap jalanan. Hanya saja, pemberian hadiah tidak dilakukan oleh sepasang kekasih selama festival.


6. Episentrum Romantis di Prancis

Perayaan Valentine paling heboh di dunia keenam berlangsung di Prancis. Diyakini bahwa kartu Hari Valentine pertama kali berasal dari Prancis, ketika Charles, Duke of Orleans, mengirim surat cinta kepada istrinya dari penjara pada 1415. Nah, di sebuah desa di Prancis yang disebut "Valentine" akan berubah menjadi pusat romansa antara tanggal 12 dan 14 Februari. Akan ada banyak pekarangan, pepohonan, dan rumah yang indah yang dihiasi dengan kartu cinta, mawar, dan lamaran untuk pernikahan yang begitu cantik di setiap sudut desa.


7. Acara Gala di Filipina

Perayaan Valentine paling heboh di dunia terakhir berlangsung Filipina. Hari Valentine di negara ini menjadi momen banyaknya pasangan muda menikah dalam sebuah acara yang disponsori pemerintah. Ini digelar sebagai bentuk pelayanan publik. Di antara perayaan Hari Valentine di seluruh dunia, perayaan yang satu ini adalah acara gala sekaligus hari istimewa bagi kaum muda.


Editor : Elvira Anna

BERITA TERKAIT