Roy Kiyoshi positif konsumsi narkotika jenis benzo. (Foto: Instagram)
Siska Permata Sari

JAKARTA, iNews.id - Roy Kiyoshi telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Jakarta Selatan atas kasus penggunaan obat terlarang. Hal ini membuat paranormal tersebut terancam hukuman lima tahun penjara.

“Sudah ditetapkan sebagai tersangka," kata Kasat Narkoba Polres Jakarta Selatan, Kompol Vivick Tjangkung, ketika dikonfirmasi iNews.id melalui pesan singkat, Jumat (8/5/2020).

Dia mengatakan, berdasarkan hasil tes urine, Roy Kiyoshi positif mengonsumsi narkotika jenis benzo. Apa itu?

Berdasarkan Medical News Today, benzodiazepin adalah kelas obat psikoaktif yang digunakan untuk mengobati berbagai kondisi, termasuk kecemasan dan insomnia.

Benzodiazepin memiliki kualitas yang dapat membantu mengurangi kecemasan dan kejang, mengendurkan otot, dan merangsang kantuk untuk tidur.

Benzodiazepin efektif untuk mengobati berbagai gangguan psikologis dan neurologis. Di antaranya insomnia, gangguan kecemasan umum, kejang, serangan panik, dan kecanduan alkohol.

Beberapa efek samping penggunaan benzodiazepine ini yakni mengantuk, kebingungan, pusing, gemetar, gangguan koordinasi, masalah pengelihatan, pening, depresi, hingga sakit kepala.

Penggunaan jangka panjang benzodiazepin juga dapat menyebabkan ketergantungan fisik. Ketergantungan tersebut dapat dimulai setelah menggunakan obat itu selama satu bulan, pada dosis tertentu.

Gejala kecanduan benzodiazepin ini meliputi sulit tidur, perasaan depresi, dan berkeringat. Kecanduan obat terlarang ini juga dapat menyebabkan overdosis, yang gejalanya di antaranya depresi pada sistem saraf pusat, gangguan keseimbangan dan kontrol gerakan, serta bicara menjadi cadel.



Editor : Tuty Ocktaviany

BERITA TERKAIT