Kemampuannya dalam berinteraksi dengan pengguna, followers atau para fansnya harus diacungi jempol dan tidak perlu diragukan. Kharismanya yang membuat sesi live stream menjadi ramai dan seru, bisa jadi jaminan kalau Raffi bisa mencetak rekor baru kali ini.
Antusiasme pengguna setia Shopee yang tentunya juga merupakan penggemar setia dari RANS akan sangat ditunggu-tunggu dalam sesi live stream. Pastinya sautan “Toko Papa Raffi Emang Paling Affordable!”, “Toko Papa Raffi Emang Paling Bombastis” atau “Checkout Checkout Checkout” akan kembali meramaikan sesi live hingga berbagai promo menarik yang sayang untuk dilewatkan menjadi alasan Raffi kembali mengadakan sesi spesial Live Bareng Toko Papa Raffi di Shopee Live.
Sebagai pemain lama, Shopee, masih terus mempertahankan posisi di peta persaingan e-commerce di Indonesia, jauh melampaui TikTok Shop. Sebagai pemain baru, TikTok Shop pun belum bisa mengejar ketertinggalannya. Mengutip juga dari laporan Momentum Works bertajuk ‘E-Commerce Southeast Asia 2023’, secara nilai transaksi bruto per e-commerce selama tahun lalu, Shopee masih jauh memimpin atau secara angka hampir 11 kali lipat dibandingkan TikTok Shop.
Posisi kuat Shopee pada peta persaingan e-commerce saat ini, nyatanya juga memberikan pengaruh signifikan di realita pasar belanja live streaming shopping. Melalui riset dari Populix berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” terungkap bahwa Shopee Live merupakan platform live streaming yang paling disukai (66 persen), melampaui para pesaingnya, seperti pemain baru TikTok Live (28 persen).
Hal ini selaras dengan paparan data, di mana Shopee Live memiliki pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi (56 persen), lebih unggul dari para pesaing lainnya, seperti TikTok Live dengan persentase 30 persen. Sejalan dengan persebaran preferensi masyarakat Indonesia saat berbelanja melalui fitur live streaming, salah satunya mencari Live Shopping dengan penawaran paling menarik.
Sebagian besar karakteristik dan gaya berbelanja masih mengacu terhadap pencarian promosi atau penawaran menarik. Promo-promo yang paling menarik menurut masyarakat adalah gratis ongkir (91 persen), diskon (87 persen), cashback (65 persen), voucher belanja (47 persen), special bundle (34 persen), dan exclusive product launch (20 persen).
Adapun persebaran preferensi terhadap penawaran menarik untuk masing-masing pemain antara lain:
Dari data hasil riset di atas, dapat disimpulkan bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming dengan harga paling murah, promosi dan gratis ongkir terbanyak, serta fitur live streaming yang menawarkan diskon hingga cashback paling besar.
Dengan preferensi penawaran menarik masih menjadi daya tarik utama bagi masyarakat Indonesia, dapat disimpulkan bahwa Shopee masih memimpin peta persaingan industri e-commerce, baik secara gambaran besar ataupun saat difokuskan pada fitur live streaming shopping.
Bukti-bukti inilah yang menjadi dorongan bagi Raffi untuk selalu memilih berkolaborasi dengan Shopee dan memfokuskan live streaming-nya di Shopee Live. Jadi nggak sabar nih, tunggu kejutan lainnya!