Proyek ini sebenarnya ditargetkan rampung pada 2016, namun molor hingga 2018.
4. Jumlah Pengguna Dibatasi
Dengan berbagai alasan, China membatasi jumlah pengguna jembatan.
Berdasarkan hasil studi pada 2008, jembatan ini bisa dilalui 33.100 kendaraan dan 171.800 penumpang per hari pada 2030. Namun perkiraan itu dikurangi dalam studi yang dilakukan pada 2016, menjadi 29.100 kendaraan dan 126.000 penumpang.
5. Aturan Ketat bagi Warga Hong Kong
Meskipun jembatan ini dibangun untuk menyatukan Hong Kong dengan China daratan, tidak semua orang bisa menggunakannya secara bebas, terutama bagi warga Hong Kong.
Warga Hong Kong harus memiliki lisensi khusus untuk bisa melintas hingga ke Zhuhai menggunakan kendaraan pribadi. Alasannya bukan soal keamanan semata, tapi juga politik.
Mereka boleh menyeberang ke Zhuhai jika memegang posisi pemerintahan tertentu atau kunjungannya memberikan kontribusi besar untuk Provinsi Guangdong.
Pembatasan ini jelas dikritik warga Hong Kong. Padahal sebagian dana pembangunan ditanggung pemerintah Hong Kong yang juga berasal dari pajak warganya.