Kebakaran melanda sebuah gedung apartemen di wilayah Xinjiang, China barat laut. (Foto: AP)
Umaya Khusniah

BEIJING, iNews.id - Kebakaran melanda sebuah gedung apartemen di wilayah Xinjiang, China barat laut. Akibat kejadian ini, 10 orang tewas dan sembilan lainnya luka.

Peristiwa ini terjadi di Urumqi, di mana suhu turun hingga di bawah titik beku setelah gelap, pada Kamis (24/11/2022) malam. Ini merupakan insiden kebakaran besar kedua di negara itu pekan ini. Total ada 48 orang tewas.

Dilansir dari The Associated Press (AP), api menyebar ke atas dari titik asal di lantai 15 ke lantai 17. Sementara asap mengepul hingga lantai 21. 

Api baru dapat dipadamkan setelah petugas berupaya menjinakkan api selama tiga jam.

"Korban tewas dan luka akibat menghirup asap beracun, segera dibawa ke rumah sakit," tulisnya. 

Dari investigasi awal, diduga api dipicu dari kabel listrik di kamar tidur salah satu apartemen lantai 15. Infrastruktur yang tua, kesadaran keselamatan yang buruk, dan dalam beberapa kasus, korupsi pemerintah telah menyebabkan serangkaian kebakaran, ledakan, dan bangunan runtuh di China.

Tragedi itu terjadi beberapa hari setelah 38 orang tewas dalam kebakaran di sebuah perusahaan perdagangan industri di Kota Anyang pada Senin awal pekan. Api berasal dari percikan las yang menyulut kain katun.

Empat orang telah ditahan atas kebakaran tersebut. Pemerintah setempat memerintahkan inspeksi keselamatan menyeluruh untuk menekan potensi bahaya.



Editor : Umaya Khusniah

BERITA TERKAIT