"Ini merupakan tahun kedua kami menerapkan Jisa Biz dengan slogan, "Jika pagi bisa berubah, setiap hari pun bisa berubah'," kata Koike.
Kampanye Jisa Biz muncul atas dorongan pemerintah pusat agar para pekerja diberikan fleksibilitas di tempat kerja, seperti pengaturan jam masuk untuk mengakomodasi pekerja perempuan serta meningkatkan partisipasi angkatan kerja lebih luas.
Pemerintah Kota Metropolitan Tokyo menjalankan kampanye serupa pada musim panas tahun lalu, saat itu sekitar 260 perusahaan ambil bagian.
Namun beberapa pekerja menganggap, dampak kampanye ini belum terlihat mengurangi kepadatan penumpang kereta di pagi hari.
Akira Monri, seorang developer aplikasi mengatakan, dia tidak melihat banyak perbedaan selama perjalanannya ke pusat Tokyo. Penyebabnya, tidak ada patokan jam berapa pemberlakuan Jisa Biz itu.
"Saya sudah melihat poster-posternya (pemberitahuan) tapi saya tidak yakin jam berapa yang harus kami hindari untuk memenuhi syarat sebagai Jisa Biz," ujarnya.