Cairan tipe 1 ini disemprotkan merata pada bagian pesawat yang terkena es atau salju.
Butuh 4 truk pembawa formula pembersih es itu. Proses pembersihan salju di pesawat terbang dilakukan secara bertahap, mulai dari ujung sayap hingga menuju ke badan pesawat.
Di bagian ekor, pembersihan dimulai dari depan ke belakang, dan dari atas ke bawah. Begitupun pada badan pesawat. Namun, tidak semua dapat disemprotkan cairan ini. Petugas biasanya menghindari jendela kabin, mesin, roda, kabin dan hidung pesawat, karena mengandung sensor instrumental.
Sebab, cairan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada bagian-bagian penting dari pesawat. Namun jika tetap disemprotkan glikol, maka akan terjadi kerusakan pesawat permanen.
Cara lainnya dengan menggunakan prosedur dua langkah. Cairan yang digunakan buka tipe I melainkan tipe IV. Cairan ini berwarna hijau tebal dan dingin. Cairan tersebut berguna untuk mencegah penumpukan es.
Cairan tersebut tidak disemprot melainkan dimasukkan ke dalam pesawat sehingga nanti bisa mengalir di saat penerbangan. Beginilah proses pembersihan salju di pesawat terbang. Ternyata ada dua teknik yang dapat digunakan untuk mencairkan es pada pesawat. Keren ya?