Beberapa penemuan aneh ditemukan membeku, di antaranya harta karun peninggalan Perang Dunia I (Foto: White War Museum)
Ajeng Wirachmi

JAKARTA, iNews.id - Beberapa objek yang ditemukan dalam keadaan membeku menjadi perhatian interansional karena keunikannya. Banyak kejadian tak terduga di bumi, namun penemuan berbagai macam objek dalam kondisi beku tak kalah menarik. 

Objek-objek tersebut ditemukan berada di tengah es. Oleh karena terawetkan oleh dinginnya suhu, benda-benda itu masih utuh dan dikenali.

Berikut objek yang Ditemukan dalam keadaan membeku:

1. Monster Misterius di Siberia 

Pada Agustus 2016, sekelompok penambang menemukan objek aneh di sebuah daerah Siberia, Rusia. Objek tersebut berupa seekor hewan dengan rupa seram menyerupai monster. Ukuran tubuhnya tak terlalu besar. 
Para penemu menjulukinya sebagai mumi monster. Makhluk itu ditemukan di pasir beku Udachny. Karena kondisinya yang sangat dingin, hewan-hewan yang terkubur di sana ditemukan dalam kondisi beku dan tergolong masih utuh. 

Sebelumnya pada Maret 2016, para ilmuwan berhasil mencairkan seekor anjing purba berusia 12.000 tahun yang juga ditemukan di Siberia. Anjing tersebut dinobatkan sebagai objek prasejarah yang spesiesnya telah punah. 

2. Hewan Purba Mamoth

Objek yang ditemukan dalam kondisi membeku lainnya adalah hewan purba, mammoth. Hewan purba ini ditemukan oleh seorang anak 11 tahun bernama Yevgeny di Rusia. Ketika ditemukan, kondisi mammoth masih sangat baik dan utuh, dengan bulu, jaringan lunak, kulit, tulang, serta organ reproduksi. Setelah penemuan itu, orangtua si bocah melaporkannya ke pihak berwajib. 

Mammoth seberat 500 kilogram tersebut dievakuasi menggunakan helikopter dan dijadikan sebagai objek penelitian oleh para ilmuwan.

3. Piramida di Antartika

Sebuah objek berbentuk aneh ditemukan melalui Google Earth di Kutub Selatan pada 2020. Belum diketahui siapa pengunggah foto tersebut, namun f=gambar itu dengan cepat menyebar di dunia maya dan mendapat perhatian netizen. 

Sebagian besar menyebut, itu adalah objek yang dibangun makhluk luar angkasa. Hal tersebut dibantah oleh Eric Rignot, seorang ilmuwan University of California. 

Objek tersebut hanyalah pegunungan yang menyerupai piramida. Fenomena tersebut tidaklah aneh, sebab banyak pegunungan di muka bumi yang bentuknya mirip piramida. Sebenarnya, gunung menyerupai piramida yang belum diketahui namanya itu adalah satu dari jajaran pegunungan Ellsworth, Antartika. Pegunungan itu pertama kali ditemukan oleh British Antarctic Expedition pada 1910 sampai 1913. 

4. Harta Karun Perang Dunia I

Perang Dunia I yang terjadi antara 1914 dan 1918 masih menyisakan bukti hingga kini. Pada 2017, para peneliti memasuki sebuah gua penampungan di Italia Utara dan mendapatkan berbagai harta karun peninggalan Perang Dunia I. 

Diketahui, gua yang terletak di Gunung Scorluzzo itu dulunya digunakan oleh 20 tentara Austria yang berperang. Sebenarnya, gua tersebut dipenuhi endapan es dan peneliti memutuskan untuk menjelajahinya begitu es mencair. 

Tanpa diduga, mereka menemukan barang-barang, seperti piring, jaket, koin, amunisi, botol kaleng, dan masih banyak lagi. Jika ditotal, benda yang ditemukan mencapai 300 buah. 



Editor : Anton Suhartono

BERITA TERKAIT