Jet-jet tempur Israel kembali membombardir Gaza sebagai balasan atas serangan balon api yang memicu kebakaran lahan (Foto: Reuters)
Anton Suhartono

TEL AVIV, iNews.id - Jet-jet tempur Israel kembali menyerang beberapa lokasi di Jalur Gaza, Selasa (24/8/2021), yang dicurigai sebagai lokasi Hamas. Gempuran terbaru ini sebagai balasan atas serangan balon api yang diterbangkan ke wilayah Israel dari perbatasan Palestina.

Menurut militer Israel, serangan balon api menyebabkan kebakaran lahan di beberapa titik bagian selatan negara itu.

Sementara itu belum ada laporan mengenai adanya korban akibat serangan udara Israel. Militer mengklaim target serangan adalah lokasi penyimpanan senjata serta fasilitas peluncuran roket Hamas, penguasa Gaza.

Sejak gencatan senjata perang 11 hari antara Israel dan Hamas pada Mei lalu, kiriman balon api dari Gaza terjadi beberapa kali yang memicu pembalasan dengan serangan udara. Balon tersebut diisi bahan bakar yang kemudian meledak dan memercikkan api ke lahan atau ladang warga Israel di perbatasan yang memicu kebakaran.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Israel menyatakan, balon-balon api yang diluncurkan pada Senin kemarin memicu kebakaran di ladang Israel sepanjang perbatasan.

Kelompok pejuang Palestina menyatakan, serangan balon bertujuan untuk menekan Israel agar melonggarkan pembatasan akses ke Gaza.

Pada Sabtu pekan lalu bentrok juga terjadi di perbatasan setelah warga Gaza menggelar unjuk rasa mendukung Yerusalem. Bentrokan menyebabkan 41 warga Gaza luka, dua di antaranya ktritis termasuk bocah 13 tahun yang terkena tembakan di kepala. Sementara itu seorang tentara Israel terluka tembak.

Bentrokan itu memicu pembalasan dari Israel yang melancarkan serangan udara pada Minggu. 


Editor : Anton Suhartono

BERITA TERKAIT