Panorama Kota Gaza (atas) tampak dari permukiman di Kota Sderot (bawah). (Foto: Reuters)
Ahmad Islamy Jamil

GAZA, iNews.id – Sirene peringatan serangan udara terdengar di Israel Selatan pada Senin (16/8/2021) setelah sebuah roket ditembakkan dari Gaza. Ini adalah serangan roket yang pertama dari Gaza, sejak perang 11 hari antara Israel dan kelompok militan Palestina pada Mei lalu.

Militer Israel menyatakan, mereka mengidentifikasi satu peluncuran roket yang dicegat oleh sistem pertahanan udara mereka. Rekaman video amatir menunjukkan, roket itu dicegat di atas Kota Sderot, yang berada di bagian selatan Israel.

Associated Press melaporkan, belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan roket tersebut. Namun, serangan itu terjadi beberapa jam setelah pasukan Israel bentrok dengan warga Palestina di Tepi Barat Senin (16/8/2021). 

Empat orang Palestina tewas dalam insiden itu, menurut kantor berita Palestina, WAFA. Sementara, korban kelima mengalami luka parah.

Bentrok itu meletus di Jenin, sebuah kota di wilayah utara Tepi Barat. Konflik itu berawal dari ketegangan yang meningkat sejak seorang tukang ledeng Palestina tewas ditembak Israel, awal bulan ini.

Pejabat senior Palestina Hussein al-Syekh menyebut Israel telah melakukan kejahatan keji. “Komunitas internasional seharusnya malu karena diam tentang hal ini dan kegagalan mereka untuk memberikan perlindungan kepada rakyat Palestina dari penindasan ini,” katanya.

Selama perlawanan rakyat Palestina berlangsung di awal 2000-an (Intifadah Kedua), Kota Jenin dilanda beberapa pertempuran terberat dengan Israel, meskipun daerah itu umumnya tenang dalam beberapa tahun terakhir. Menurut militer Israel, setidaknya ada delapan bentrokan antara tentara dan warga Palestina selama dua bulan terakhir.

Israel mencaplok Tepi Barat dari Palestina dalam Perang Timur Tengah 1967. Dalam beberapa dekade sejak itu, zionis telah mendirikan puluhan kawasan permukiman di Tepi Barat dengan jumlah pemukim Yahudi mencapai 500.000 jiwa. 


Editor : Ahmad Islamy Jamil

BERITA TERKAIT