Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: Reuters)
Ahmad Islamy Jamil

MOSKOW, iNews.id – Presiden Rusia Vladimir Putin menuduh Barat tengah berupaya membangun aliansi militer gaya NATO di Asia Pasifik. Hal itu diungkapkannya saat berpidato di konferensi keamanan internasional Moskow, hari ini.

“Kami juga melihat bahwa Barat secara kolektif berusaha untuk memperluas sistem bloknya ke kawasan Asia Pasifik, yang dianalogikan dengan NATO di Eropa. Untuk tujuan ini, aliansi militer politik yang agresif sedang dibentuk, seperti AUKUS dan lainnya,” ujar pemimpin Rusia itu, seperti dikutip Reuters, Selasa (16/8/2022).

Dalam pidatonya, Putin juga menyinggung kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan beberapa waktu lalu. Menurut dia, Amerika Serikat sengaja memicu ketegangan di Asia. 

“(Kunjungan Pelosi ke Taiwan) itu bukan hanya perjalanan yang dilakukan seorang politikus yang tidak bertanggung jawab, tetapi juga bagian dari strategi AS yang disengaja dan sadar untuk mengacaukan dan menabur kekacauan di kawasan dan dunia,” kata Putin.

“Itu adalah provokasi yang direncanakan dengan matang,” ucapnya.

Pascakunjungan Pelosi ke Taiwan, sejumlah pejabat Amerika juga mengikuti langkah serupa, baru-baru ini. Delegasi tingkat tinggi anggota Kongres AS tiba di Taipei pada Minggu (14/8/2022) malam. 

Sebagai tanggapannya, China pun kembali menggelar latihan perang di sekitar Taiwan. Juru Bicara Kementerian Pertahanan China, Wu Qian mengatakan, kunjungan para pejabat AS ke pulau itu melanggar kedaulatan dan integritas teritorial China.



Editor : Ahmad Islamy Jamil

BERITA TERKAIT