Kebakaran hebat melanda ratusan bangunan di sejumlah desa di Siberia. (Foto: Reuters)
Umaya Khusniah

MOSKOW, iNews.id - Kebakaran hebat melanda ratusan bangunan di sejumlah desa di Siberia. Delapan orang tewas sementara petugas kesulitan memadamkan api akibat angin kencang. 

Api melahap banyak rumah dan bangunan di wilayah Krasnoyarsk, sekitar 3.000 km (1.900 mil) timur Moskow, Sabtu (7/5/2022). Total ada 16 permukiman di Distrik Kazachinskoe dan Sharypovsky yang dilalap si jago merah.  

Komite Investigasi Rusia dalam sebuah pernyataan mengatakan pihaknya memimpin penyelidikan atas kasus kelalaian yang menyebabka kematian.

Kantor berita TASS melaporkan, Kementerian Kesehatan setempat mengatakan, 17 orang terluka, dengan 11 di antaranya dibawa ke rumah sakit. 

Badan Kehutanan Federal mengatakan, korsleting di saluran listrik telah menyebabkan 350 rumah terbakar. Angin kencang telah memperburuk situasi.

"Pesawat tidak dapat digunakan untuk memadamkan api karena beban angin yang tinggi," kata layanan darurat Krasnoyarsk di saluran Telegramnya.

Sebuah rekaman video memperlihatkan langit gelap akibat asap tebal. Sejumlah petugas penyelamat diterpa angin kencang saat mereka menangani sejumlah kobaran api di daerah perdesaan dengan bangunan yang didominasi kayu.

Layanan Perlindungan Hutan Udara Rusia kemudian menerbitkan rekaman kebakaran di daerah berhutan. Beruntung semuanya dengan cepat dapat dipadamkan.

Komite Investigasi juga melaporkan kebakaran di wilayah tetangga Khakassia. Sedikit lebih jauh ke barat, penyelidik di wilayah Kemerovo juga meluncurkan proses pidana. 

Mayat tiga orang yang terbakar telah ditemukan di sebuah bangunan tempat tinggal di wilayah Tyazhinsky. Di wilayah ini, ada lebih dari 50 rumah terbakar.

Kedua set penyelidik mengatakan pekerjaan terus dilakukan untuk menentukan penyebab kebakaran.


Editor : Umaya Khusniah

BERITA TERKAIT