Masyarakat Muslim di Palermo, Italia, menggelar buka puasa bersama mengundang tokoh lintasagama (Foto: Arab News)
Anton Suhartono

ROMA, iNews.id - Masyarakat Muslim di Palermo, Italia, menggelar buka puasa bersama lintasagama. Acara itu turut mengundang para tokoh Muslim dan agama lain di Italia serta tentunya pejabat kota. Tujuan acara ini untuk menggaungkan perdamaian, rasa saling menghormati, dan integrasi.

Acara yang diinisiasi warga Tunisia di Palermo tersebut dihadiri oleh lebih dari 1.000 orang.

Uskup Agung Palermo Corrado Lorefice dan Ketua Masjid Piazza Gran Cancelliere Mustafa Boulaalam hadir dalam acara yang diikuti dengan makan malam hidangan tradisional Tunisia.

Sementara itu umat Islam yang didominasi warga Tunisia, Maroko, dan Bangladesh, mengikuti salat berjamaah di Piazza Magione, alun-alun yang juga menjadi ikon kota.

Wali Kota Palermo Leoluca Orlando juga hadir dalam acara tersebut. Dia memuji kedekatan antara umat antaragama di daerahnya.

“Di Palermo kami percaya pada integrasi dan berbagi bersama. Kami ingin kota ini menjadi tempat yang ramah bagi setiap agama dan budaya,” kata Orlando.

Dia juga berterima kasih kepada masyarakat Muslim di Palermo atas peran aktif mereka dalam kegaiatan agama, sosial, dan budaya untuk mewujudkan Palermo sebagai tempat yang ramah bagi semua kalangan.

Sementara itu Boulaalam mengatakan, setelah 2 tahun pembatasan pandemi Covid-19, umat Islam akhirnya bisa menjalankan aktivitas secara normal sehingga bisa merayakan Ramadan bersama seluruh warga Kota Palermo.

“Kami senang bisa memberi tahu kepada semua orang, pesan perdamaian yang berharga menandai bulan suci Ramadan," ujarnya.


Editor : Anton Suhartono

BERITA TERKAIT