Suasana sidang para delegasi Dewan Keamanan PBB di markas mereka di New York, AS (ilustrasi). (Foto: Reuters)
Ahmad Islamy Jamil

NEW YORK, iNews.id – Negara-negara Barat di Dewan Keamanan PBB memblokir rancangan pernyataan pers Rusia yang mengutuk serangan udara Israel di Suriah. Hal itu diungkapkan Utusan Tetap Rusia untuk PBB, Dmitry Polyanskiy.

“Kami menyesalkan fakta bahwa karena posisi delegasi Barat yang dipolitisasi dan bias, rancangan pernyataan pers Dewan Keamanan kami pun diblokir,” kata Polyanskiy di Dewan Keamanan PBB, Rabu, seperti dikutip kantor berita Sputnik.

Dia menuturkan, Rusia percaya bahwa untuk menyelesaikan krisis politik di Suriah, kehadiran militer asing ilegal di negara Arab itu harus diakhiri. Begitu pula, serangan udara Israel di sana juga wajib dihentikan.

Pernyataan pers oleh Rusia mengutuk Israel karena menyerang Bandara Internasional Damaskus pada 10 Juni.

Rusia memang mulai gerah dengan tindakan Israel menyerang Suriah. Moskow pun menilai ulah militer zionis itu tak dapat diterima.

“Kami pasti akan mempertimbangkan masalah pengeboman intensif wilayah Suriah oleh Israel. Kami pikir kami juga perlu fokus pada masalah ini. Ini tidak dapat diterima,” kata Utusan Khusus Presiden Rusia untuk Suriah, Alexander Lavrentyev, Rabu dua pekan lalu.

Dia juga mengutarakan keyakinan Moskow bahwa sudah waktunya untuk membatasi mekanisme bantuan asing ke Suriah. “Mungkin, sudah waktunya untuk semua bantuan yang diberikan oleh masyarakat internasional untuk pergi secara legal melalui Damaskus (Pemerintah Suriah),” kata Lavrentyev.


Editor : Ahmad Islamy Jamil

BERITA TERKAIT