Mantan pengacara keluarga Jamal Khashoggi ditangkap di Uni Emirat Arab (Foto: Reuters)
Anton Suhartono

DUBAI, iNews.id - Asim Ghafoor, pengacara yang pernah menangani kasus pembunuhan jurnalis asal Arab Saudi Jamal Khashoggi, ditangkap oleh otoritas Uni Emirat Arab. Pria berkebangsaan Amerika Serikat itu ditangkap saat transit di Bandara Internasional Dubai pada 14 Juli lalu.

Kabar mengenai penangkapan Ghafoor ini disampaikan lembaga HAM yang berbasis di AS, DAWN. Ghafoor juga anggota dari lembaga tersebut.

Seorang pejabat pemerintah UEA menjelaskan, Ghafoor ditangkap atas tuduhan pencucian uang. Sidang kasus ini sudah digelar di UEA secara in absentia.

Sementara itu seorang pejabat senior AS memastikan pemerintah sudah mengetahui kabar tersebut. Dia belum bisa memastikan apakah Presiden Joe Biden akan mengangkat penangkapan ini saat bertemu bilateral dengan presiden UEA atau tidak.

Meski demikian sumber itu memastikan kasus yang menjerat Ghafoor di UEA tak terkait dengan pembunuhan Khashoggi. Kasus yang menghebohkan dunia pada 2018 tersebut ditangani pengadilan Arab Saudi dan para pelaku sudah dijatuhi hukuman.

"Tidak ada indikasi bahwa ini ada hubungannya dengan masalah Khashoggi," kata dia, dikutip dari Reuters, Minggu (17/7/2022).

Khashoggi dibunuh di kantor konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, pada Oktober 2018. Putra Mahakota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) dituduh terlibat dalam pembunuhan itu. Laporan intelijen AS menyebut, pembunuhan sosok pengkritik kebijakan MBS itu merupakan perintah dari sang Pangeran.

Saudi berkali-kali membantah keterlibatan MBS dengan menegaskan pembunuhan itu merupakan operasi intelijen yang nakal tanpa sepengatahuan pejabat tinggi pemerintah.


Editor : Anton Suhartono

BERITA TERKAIT