Kelompok militan Islam Al Shabaab menyerang sebuah hotel yang digunakan oleh pejabat pemerintah Somalia di Mogadishu pada Minggu (27/11/2022) malam. (Foto: Doc AP)
Umaya Khusniah

MOGADISHU, iNews.id - Pengepungan oleh polisi di sebuah hotel di ibu kota Somalia, Mogadishu yang diserang kelompok militan Islam al Shabaab menewaskan delapan orang. Dua di antara korban merupakan warga berkewarganegaraan ganda, Inggris-Somalia.

Militan  al Shabaab menyerang Hotel Villa Rose, yang dekat dengan istana kepresidenan pada Minggu (27/11/2022) malam. Polisi pun melakukan pengepungan terhadap hotel tersebut pada Senin (28/11/2022).

Juru Bicara Polisi Federal Somalia, Sadik Dodishe dalam jumpa pers di ibu kota Mogadishu mengatakan, seorang tentara juga tewas dalam upaya merebut kembali Hotel Villa Rose. Sementara itu, 60 orang berhasil dievuasi dari dalam hotel dengan selamat. 

"Dari enam penyerang, lima ditembak mati oleh pasukan keamanan dan satu meledakkan diri," katanya.

Pengepungan berakhir setelah lebih dari 20 jam setelah teroris menyerang hotel yang dipenuhi pejabat pemerintah tersebut. 

Hotel ini terletak di lingkungan paling terlindungi di Somalia dan dekat dengan istana kepresidenan. Kelompok teroris al-Shabab yang berafiliasi dengan Al-Qaeda mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.



Editor : Umaya Khusniah

BERITA TERKAIT