Presiden Korsel terpilih Yoon Suk Yeol dikecam para penggemar BTS (Foto: Reuters)
Anton Suhartono

SEOUL, iNews.id - Presiden Korea Selatan (Korsel) terpilih Yoon Suk Yeol dikecam para penggemar boy band BTS. Para penggemar menuduh Yoon memanfaatkan idola mereka untuk meningkatkan popularitas setelah tim transisi pemerintah memberi sinyal bahwa BTS tak akan tampil pada acara pelantikan pada 10 Mei mendatang.

Lebih dari 1.800 posting-an di situs web komite transisi pemerintah berisi celaan dan tuduhan yang menuduh mereka mencampuradukkan pop dengan politik.

"Tolong jangan eksploitasi BTS secara politik. Mereka ada bukan untuk menaikkan popularitas Anda. Mereka adalah artis global yang mempromosikan budaya Korea," kata seorang netizen, seperti dilaporkan kembali Reuters, Kamis (7/4/2022).

Bukan hanya itu, petisi online telah mengumpulkan sekitar 6.000 tanda tangan sejak dibuka pada Rabu (6/4/2022). Para penggemar juga menggunakan platform fandom Weverse dengan mengunggah komentar menggunakan tagar #NoBTSforInauguration.

Tim transisi Yoon menyatakan belum memutuskan apakah akan mengundang BTS, setelah sebelumnya membantah ada rencana itu. 

Seorang pejabat pemerintah yang bertanggung jawab atas acara pelantikan presiden pertama kali mengungkap kemungkinan tampilnya BTS dalam wawancara radio pada Selasa lalu. 

Sementara itu manajemen BTS, Bit Hit Music, menegaskan belum secara resmi menerima undangan dari kantor Yoon.

Presiden Moon Jae In, pendahulu Yoon, saat dilantik pada 2017 mengundang penyanyi dan aktor terkenal. Pada 2013, rapper Psy tampil dengan hit populernya Gangnam Style di depan sekitar 70.000 penonton saat pelantikan Presiden Park Geun Hye. Selain itu legenda pop Amerika Serikat, Michael Jackson, juga diundang pelantikan Presiden Kim Dae Jung pada 1998.


Editor : Anton Suhartono

BERITA TERKAIT