Jenazah Syekh Khalifa bin Zayed dibawa ke pemakaman di Al Bateen (Foto: Kantor Pers Abu Dhabi)
Anton Suhartono

JEDDAH, iNews.id - Masjidil Haram di Kota Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi, menggelar Salat Gaib untuk Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Syekh Khalifa bin Zayed Al Nahyan yang meninggal dunia di usia 73 tahun Jumat kemarin. Salat Gaib digelar usai Salat Magrib.

Penjaga Dua Masjid Suci yang juga pemimpin Arab Saudi Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud memerintahkan agar dua tempat paling suci bagi umat Islam itu menggelar salat untuk Almarhum.

Para jemaah berdoa agar Allah SWT mengampuni segala kesalahan serta melimpahkan rahmat-Nya kepada Almarhum serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

Sementara itu Salat Gaib juga dilaksanakan di masjid-masjid seluruh UEA yang juga dilaksanakan usai Salat Magrib.

Almarhum dimakamkan pada Jumat malam di Al Bateen setelah Salat Isya. Penguasa de facto UEA yang juga Putra Mahkota Abu Dhabi, Syekh Mohammed bin Zayed (MBZ), memimpin prosesi pemakaman.

Jenazah dibawa prajurit militer untuk diserahkan kepada keluarga. Selanjutnya Syekh Mohammed bin Zayed dan Syekh Mansour bin Zayed, masing-masing wakil perdana menteri dan menteri urusan kepresidenan, membawa jenazah Almarhum untuk dimakamkan.

Foto-foto yang beredar menunjukkan puluhan anggota keluarga Almarhum serta para pejabat senior memenuhi sisi makam.

Pemerintah UEA mengumumkan masa berkabung selama 3 hari. Kantor-kantor pemerintah akan ditutup dan pekerja sektor publik dan swasta kembali bekerja pada Selasa. Sementara sekolah-sekolah diliburkan sampai Selasa.


Editor : Anton Suhartono

BERITA TERKAIT