Dia menambahkan, kementerian ingin mendukung kerja lembaga pemerintah sebagai bagian dari upaya untuk mencapai tujuan Visi Kerajaan 2030, yakni menciptakan koordinasi dan integrasi antara lembaga pemerintah, dan untuk mengonsolidasikan pesan media untuk terus mengikuti proses transformasi nasional.
Identitas baru haji ini akan digunakan pada platform digital dan situs web, surat kabar dan media.
Desainnya yang sederhana mengandung delapan makna tersembunyi yang mencerminkan beberapa ritual ziarah.
Logo melambangkan Kakbah dan garis setengah lingkaran di sekitar persegi. Kata haji muncul di garis bulat yang aslinya adalah wajah luar dan bagian dalam huruf C serta kotak Kakbah mewakili intinya.
Logo juga menampilkan kiblat yang tercermin dalam rotasi yang mirip dengan kompas. Tampak pula jam Mekkah yang diwakili oleh rotasi logo. Persegi sebagai pusat Mekkah tercermin dari gambaran yang menyeluruh dari logo, menunjukkan Mekkah di jantung dunia.
Sementara itu ruang di lengkungan atas mirip dengan sinyal komunikasi dan pohon palem, salah satu ikon dan mencerminkan budaya Kerajaan.