Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Paris, Prancis. (Foto IG Anies Baswedan).
rizky syahrial

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Jakarta berkomitmen mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 30 persen pada 2030. Untuk mencapai hal itu, diperlukan kerja-kerja kolaborasi.

"Sesuai Paris Agreement, Jakarta berkomitmen mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 30 persen pada 2030," kata Anies dalam akun Instagram @aniesbaswedan, Sabtu (21/5/2022).

"Tantangan terbesar kita adalah mengubah paradigma mobilitas dari car oriented development menjadi transit oriented development di sebuah kota yang hampir berumur 500 tahun ini," ucap Anies.

Ia mengajak masyarakat untuk terus berpikir ke depan dalam membangun perubahan lestari. Dia mencontohkan MRT juga akan dijadikan tulang punggung dalam perubahan tersebut.

"MRT Jakarta akan menjadi tulang punggung dari perubahan mobilitas di Jakarta," katanya.

Anies menyebut 240 km jaringan MRT direncanakan di Jakarta. Dia meminta dukungan kerja sama dari semua pihak untuk mewujudkan hal itu.

"Karena itu kerja sama dibutuhkan, kita ingin bertukar pengalaman dan gagasan dari kota-kota dunia yang sudah lebih dulu mengadopsi sistem mobilitas lestari, seperti Paris," tuturnya.


Editor : Reza Fajri

BERITA TERKAIT