Bocah berusia 11 tahun selamat setelah terbawa arus air aliran kali Banjir Kanal Timur (BKT), Selasa (2/11/2021). (Foto: Okto Rizki Alpino).
Okto Rizki Alpino

JAKARTA, iNews.id - Bocah berinisial N (11) tahun tenggelam di aliran kali Banjir Kanal Timur (BKT), Selasa (2/11/2021). Nyawa bocah itu akhirnya terselamatkan berkat aksi heroik tiga petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Cipinang Muara.

Peristiwa itu terjadi pukul 15.00 WIB ketika korban bersama temannya tengah bermain di aliran kali BKT. Saat asyik bercanda bersama ketiga temannya, korban tiba-tiba tercebur ke aliran BKT.

"Itu udah disuruh naik sama warga karena posisi kan habis hujan arus kencang, tapi mereka ngeyel enggak mau naik malah bercanda. Akhirnya kecebur," ujar Joko, petugas PPSU yang menyelamatkan nyawa bocah tersebut, di Jakarta Timur, Rabu (3/11/2021).

Dia menuturkan, korban tidak bisa berenang hingga terbawa arus aliran BKT. Rekan korban kemudian berteriak minta tolong. Beruntung dia bersama rekan sepofresinya mendengar teriakan itu saat melintas di Jalan BKT.

"Tolong, tolong. Bang itu teman saya kebawa arus. Saya lari ke bawah terus masih ngelihat rambutnya saya nyebur buat nolong dia," tuturnya.

Penyelamatan berjalan dramatis. Saat terjun ke kali, Joko sempat terdorong arus hingga kehilangan korban. Kakinya ketika sedang berenang tidak sengaja menyentuh tubuh korban.

"Langsung saja pas kerasa itu orang saya angkat tapi karena derasnya air saya minta tolong temannya buat bantu angkat korban ke atas," katanya.

Dia menjelaskan, setelah berhasil diangkat, korban kemudian di bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis.

"Ditolong dulu sama kita buat ngeluarin air, enggak lama air yang masuk itu keluar semua baru di bawa ke rumah sakit," ucapnya.


Editor : Kurnia Illahi

BERITA TERKAIT