Ilustrasi pencairan BLT BBM (Foto : Ist)
Jonathan Simanjuntak

BEKASI, iNews.id - Sebanyak 65.975 warga Kota Bekasi tercatat sebagai penerima manfaat untuk mendapatkan bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM). Cara mencairkan BLT BBM di Bekasi bisa dilakukan dengan membawa KTP dan KK.

"Jadi total untuk BLT BBM Kota Bekasi yang tercatat jumlahnya 65.975 warga," kata Deputi Executive General Manager PT Pos Indonesia KCU Bekasi, Anton Chrisna Sutantyo, Selasa (13/9/2022).

Adapun bantuan yang akan diterima oleh masyarakat yaitu bertotal Rp500.000. Rinciannya yaitu BLT BBM sebesar Rp300.000 untuk bulan September dan Oktober. Kemudian Rp200.000 lainnya merupakan bantun pangan non tunai (BNPT).

"Jadi Rp300.000 kompensasi kenaikan BBM, besaran uangnya Rp300.000  diberikan untuk 2 bulan, September dan Oktober. Artinya setiap bulan Rp150.000, jadi ini diberikan dua bulan sekaligus. Kemudian yang Rp200.000 itu bantuan BPNT bulan September. Jadi total yang diterima itu Rp500.000," tuturnya.

Anton mengatakan penyaluran dilakukan dengan meminta bantuan bagi masing-masing kecamatan dan kelurahan di Kota Bekasi. Warga pada masing-masing kelurahan atau kecamatan hanya perlu datang ke tempat yang telah terdaftar.

"Misalnya di Balai Kelurahan, Pendopo Kelurahan, Balai RW, atau tempat gedung olahraga. Karena memang kita ingin memecah konsentrasi penerima itu supaya tidak berkerumun," ucap dia.

Warga yang terdaftar nantinya akan menerima undangan untuk mengambil bantuan tersebut. Mereka hanya dipersyaratkan untuk menunjukkan KTP dan KK calon penerima yang terdaftar.

"Jika penerima tidak bisa datang, atau ingin diwakilkan oleh anak, kerabat keluarga bisa dilakukan namun dengan catatan yang mewakilkan harus membawa KTP daftar penerima, dan KK," tuturnya.



Editor : Muhammad Fida Ul Haq

BERITA TERKAIT