Menelisik Sejarah Singkat Stasiun Gambir yang Sempat Diisukan akan Pensiun Layani Kereta Jarak Jauh

Rilo Pambudi
Bangunan Stasiun Gambir setalah direnovasi menjadi gaya art deco, foto tahun 1939. (Foto: Tropenmuseum)

Pada tahun 1976, Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin dan Gubernur Jawa Barat Solihin GP melakukan kerja sama untuk pembangunan kawasan Jabodetabek. Guna menarik minat penduduk untuk menetap di kawasan Jabodetabek, pemerintah bermaksud meningkatkan pelayanan transportasi.

Wujud kerjasama itu adalah pembangunan sistem kereta api modern guna menumbuhkan peran kereta api di wilayah Jabodetabek. Salah satunya adalah proyek pembangunan jalur layang kereta api Jakarta- Manggarai. 

Stasiun Gambir adalah salah satu stasiun yang berfungsi sebagai perhentian di jalur layang. Tepat pada tanggal 17 Desember 1986, pembangunan ditandai dengan pemasangan tiang pertama di segmen B, tepatnya di bagian selatan Stasiun Gambir yang lama. 

Stasiun Gambir baru kemudian dibuka untuk umum bersamaan dengan peresmian jalur pada Jumat 6 Jumat 1992. Peresmian tersebut dilakukan langsung oleh Presiden Soeharto dengan ditandai pengoperasian Kereta Api Listrik.

Editor : Komaruddin Bagja
Artikel Terkait
Nasional
14 hari lalu

41.541 Penumpang KA Jarak Jauh Kembali ke Jakarta di Hari Terakhir Libur Panjang 

Megapolitan
4 bulan lalu

Massa Ojol Padati Kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Selatan Arah Stasiun Gambir Ditutup

Megapolitan
5 bulan lalu

Viral Motor di Parkiran Stasiun Gambir Digasak Maling, Ini Respons KAI

Nasional
6 bulan lalu

Sepekan Jelang Lebaran, 38.063 Pemudik Tinggalkan Jabodetabek lewat Stasiun Pasar Senen dan Gambir 

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal