JAKARTA, iNews.id - Inilah 10 contoh soal kalimat efektif menjadi bagian penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Dalam buku Bahasa Indonesia SMA Kelas X (Kemendikbud, 2017) dijelaskan bahwa kalimat efektif adalah kalimat yang mampu mengungkapkan gagasan secara tepat dan mudah dipahami oleh pembaca atau pendengar.
Kalimat efektif juga digunakan dalam berbagai konteks, mulai dari menulis karya ilmiah, surat resmi, teks laporan, hingga komunikasi sehari-hari.
Melalui latihan 10 contoh soal kalimat efektif berikut, siswa diharapkan dapat memahami bagaimana menyusun kalimat yang efisien, logis, dan sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Menurut buku Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Revisi (Kemendikbud, hlm. 37), kalimat efektif adalah kalimat yang mampu menyampaikan pesan dengan tepat, logis, hemat kata, dan tidak menimbulkan penafsiran ganda.
Kalimat efektif memiliki beberapa ciri pokok, yaitu:
Dengan memahami prinsip-prinsip di atas, siswa dapat melatih kemampuan menyusun kalimat yang baik melalui berbagai contoh soal kalimat efektif seperti yang disajikan berikut ini.
Berikut 10 contoh soal kalimat efektif beserta pembahasan berdasarkan panduan dari buku pelajaran Bahasa Indonesia terbitan Kemendikbud.
Soal 1
Pilihlah kalimat yang paling efektif di bawah ini:
A. Karena hujan deras maka acara dibatalkan.
B. Karena hujan deras, acara dibatalkan.
C. Hujan deras, maka acara dibatalkan.
D. Karena hujan deras sehingga acara dibatalkan.
Jawaban: B
Pembahasan: Kalimat (B) memenuhi struktur sebab-akibat yang benar tanpa pengulangan konjungsi (“karena... sehingga”).
Soal 2
Kalimat manakah yang efektif?
A. Para peserta semuanya wajib hadir tepat waktu.
B. Semua peserta wajib hadir tepat waktu.
C. Para peserta wajib hadir tepat waktu semuanya.
D. Peserta-peserta wajib semuanya hadir tepat waktu.
Jawaban: B
Pembahasan: Kalimat (B) hemat kata dan tidak mengandung pengulangan makna seperti “para” dan “semua” secara bersamaan.
Soal 3
Pilih kalimat tidak efektif:
A. Guru menjelaskan materi dengan sangat jelas.
B. Guru yang menjelaskan materi dengan jelas.
C. Guru menjelaskan dengan baik kepada siswa.
D. Guru menyampaikan pelajaran dengan teratur.
Jawaban: B
Pembahasan: Kalimat (B) tidak memiliki predikat yang lengkap; hanya terdiri atas subjek dan anak kalimat penjelas.
Soal 4
Kalimat efektif adalah...
A. Saya dan teman saya berdua pergi ke perpustakaan.
B. Saya bersama teman pergi ke perpustakaan.
C. Saya dan teman-teman semuanya pergi ke perpustakaan.
D. Saya pergi bersama teman saya berdua ke perpustakaan.
Jawaban: B
Pembahasan: Kalimat (B) paling hemat dan tidak mengandung pengulangan arti “berdua” yang sudah tercakup dalam kata “bersama”.
Soal 5
Kalimat efektif yang benar adalah...
A. Ia tidak datang karena sakit flu.
B. Ia tidak datang sebab karena sakit flu.
C. Ia tidak datang sebab karena dia sakit flu.
D. Ia karena sakit flu tidak datang.
Jawaban: A
Pembahasan: (A) menggunakan struktur sebab yang tepat dan tidak mengandung kata penghubung ganda (“sebab karena”).
Soal 6
Manakah kalimat efektif berikut ini?
A. Untuk menghemat waktu, maka kami berangkat lebih awal.
B. Karena ingin menghemat waktu kami berangkat lebih awal.
C. Untuk menghemat waktu, kami berangkat lebih awal.
D. Kami berangkat lebih awal karena untuk menghemat waktu.
Jawaban: C
Pembahasan: (C) memiliki struktur yang jelas dan tidak menggunakan konjungsi ganda “untuk... maka”.
Soal 7
Kalimat efektif di bawah ini adalah...
A. Mereka para siswa sudah hadir di aula sekolah.
B. Para siswa sudah hadir di aula sekolah.
C. Mereka siswa-siswa sudah hadir di aula sekolah.
D. Mereka semua para siswa sudah hadir di aula sekolah.
Jawaban: B
Pembahasan: (B) singkat dan hemat, tanpa kata berulang “mereka” dan “para” sekaligus.