150 Ribu Penumpang Tiap Hari, Menhub Dudy Cek Langsung Stasiun Manggarai dan Tanah Abang

Komaruddin Bagja
150 Ribu Penumpang Tiap Hari, Menhub Dudy Cek Langsung Stasiun Manggarai dan Tanah Abang (Foto: PT KAI)

JAKARTA, iNews.id -  Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi meninjau langsung kesiapan layanan dan sistem integrasi transportasi massal di Stasiun Manggarai dan Tanah Abang, Minggu (13/10). Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan fasilitas publik berfungsi optimal dan memperkuat koordinasi antara Kementerian Perhubungan dan KAI Group dalam meningkatkan layanan transportasi perkotaan.

Dalam kunjungan tersebut, Dudy didampingi oleh Direktur Utama PT KAI (Persero) Bobby Rasyidin, Direktur Utama PT KAI Commuter Asdo Artriviyanto, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Allan Tandiono, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas I Jakarta Ferdian Suryo Adhi Pramono, dan Executive Vice President Daerah Operasi 1 Jakarta Yuskal Setiawan.

Peninjauan pertama dilakukan di Stasiun Manggarai yang berfungsi sebagai pusat kendali operasional perjalanan kereta wilayah Jabodetabek serta stasiun transit utama untuk lintas Bogor, Bekasi, Cikarang, dan KA Bandara Soekarno-Hatta. Menhub dan jajaran KAI memeriksa sejumlah fasilitas, seperti eskalator, lift, ruang tunggu, serta sistem arus penumpang, guna memastikan seluruh layanan berjalan dengan baik dan ramah pengguna.

Selanjutnya, rombongan meninjau Stasiun Tanah Abang, salah satu stasiun dengan volume pengguna tertinggi di Jabodetabek. Stasiun ini melayani rute Rangkasbitung, Serpong, dan Duri. Di lokasi tersebut, Menhub mengecek langsung sirkulasi penumpang, area hall utama, serta penataan ruang di lantai atas agar lebih efisien dan nyaman.

Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menyampaikan bahwa kedua stasiun tersebut memiliki peran penting dalam mendukung mobilitas masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

“Stasiun Tanah Abang melayani rata-rata sekitar 49 ribu pengguna per hari, sedangkan Stasiun Manggarai sekitar 15 ribu pengguna per hari. Jika ditambah dengan penumpang transit, totalnya kini lebih dari 150 ribu orang setiap hari, angka yang terus meningkat seiring tumbuhnya kepercayaan masyarakat terhadap layanan KRL Commuterline,” ujar Anne.

Anne menegaskan, peningkatan kualitas layanan menjadi fokus utama KAI Group bersama Kemenhub.

Editor : Komaruddin Bagja
Artikel Terkait
Bisnis
9 hari lalu

612 Kereta Baru INKA Siap Operasi, KAI Perkuat Layanan Nataru 2025/2026

Bisnis
12 hari lalu

Face Recognition Dorong Layanan Cepat dan Ramah Lingkungan Jelang Periode Nataru 2025/2026

Bisnis
14 hari lalu

KAI Pasang 84.525 Meter Rel Baru Jelang Angkutan Nataru Demi Tingkatkan Keselamatan

Nasional
17 hari lalu

KAI Terima 14 Lokomotif Baru dari AS, Perkuat Angkutan Barang di Sumatera

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal