Tragedi Kanjuruhan menjadi duka bagi dunia sepak bola karena ratusan orang tewas.. (Foto: Avirista Midaada/iNews)
Faieq Hidayat

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah tragedi mengerikan terjadi pada Oktober 2022. Mulai dari Indonesia, Korea Selatan, India, Filipina dan Somalia

Peristiwa mengerikan tersebut menyebabkan ratusan jiwa meninggal dunia. Berikut tragedi mengerikan yang menewaskan ratusan orang. 

1. Badai Tropis Nalgae Hantam Filipina Tewaskan 98 Orang

Badai Tropis Nalgae menghantam Filipina, menyebabkan banjir dan tanah longsor di sejumlah wilayah selatan negara itu. Puluhan orang pun meninggal dunia dalam bencana tersebut.

Reuters melansir, otoritas Filipina pada Sabtu (29/10/2022) ini mencatat 72 kematian akibat Badai Tropis Nalgae. Provinsi Maguindanao menjadi wilayah yang paling terkena dampak badai itu, dengan sebanyak 67 orang tewas. 

Sementara itu, dua orang tewas di Sultan Kudarat, dua lainnya di Cotabato Selatan, dan korban lainnya tersebar di wilayah Visayas di Filipina tengah.

“Selain itu, ada juga 33 orang terluka dan 14 orang yang hilang,” ungkap kata Juru Bicara Badan Penanggulangan dan Pengurangan Risiko Bencana Filipina, Bernardo Rafaelito Alejandro, kepada stasiun radio DZMM, akhir pekan ini.

Kini jumlah korban terus bertambah menjadi 98 orang.

2. Bom Guncang Kantor Kementerian Pendidikan Somalia Tewaskan 100 Orang

Ledakan dua bom mobil di kantor Kementerian Pendidikan Somalia, Sabtu (29/10/2022) menewaskan sedikitnya 100 orang. Selain itu korban luka lebih dari 300 orang.

Ledakan pertama, mobil yang dipenuhi bom meledakkan tembok kantor kementerian yang berada di Ibu Kota Mogadishu itu. Setelah ledakan pertama, ambulans, petugas medis, serta warga sekitar berkumpul untuk memberikan pertolongan kepada korban. Saat itulah muncul mobil lainnya dan meledak.

Dahsyatnya ledakan menyebabkan kaca-kaca bangunan di sekitarnya pecah. Saksi juga menggambarkan kondisi mengenaskan pascaserangan kedua. Jalanan dipenuhi darah serta mayat yang sebagian di antaranya tak utuh lagi.

Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud mengatakan banyak dari korban adalah ibu beserta anak-anak mereka.


3. Jembatan Gantung di India Runtuh Tewaskan 140 Orang

Jembatan gantung ambruk di Kota Morbi, Gujarat, India, Minggu (30/10/2022) kemarin. Akibatnya 140 korban tewas. 

Para korban adalah, suami, ibunya, istrinya, serta empat anak kandung.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 18.20 waktu setempat, jembatan yang pertama kali dibangun pada masa penjajahan Inggris ambruk setelah dipadati sekitar 500 orang.

"Mereka berada di jembatan saat runtuh," kata Kanaksinh Jadeja, kerabat dari keluarga Jadeja.


4. Tragedi Kanjuruhan Tewaskan 135 Orang

Pertandingan sepak bola Arema vs Persebaya berujung tragedi maut menewaskan ratusan orang pada Sabtu (1/10/2022). Hingga saat ini total korban tewas 135 orang.

Mereka tewas karena panik berdesak-desakan setelah gas air mata ditembakan. 

Peristiwa ini membuat dunia sepak bola berduka. Sejumlah pertandingan sepak bola di seluruh dunia juga mengheningkan cipta untuk korban tragedi Kanjuruhan. 

Presiden FIFA Gianni Infantino juga berkunjung ke Indonesia untuk membantu kemajuan sepak bola Tanah Air. 

5. 154 Orang Tewas Tragedi Perayaan Halloween Itaewon

Korban tewas dalam tragedi perayaan Halloween di Itaewon, Seoul, Korea Selatan, bertambah satu menjadi 154 orang hingga Senin (31/10/2022) siang. Sebanyak 26 di antara yang tewas dalam tragedi pada Sabtu (29/10/2022) malam itu adalah warga asing.

Sebanyak 153 korban tewas telah teridentifikasi, kecuali satu orang. 
Pejabat Markas Besar Pusat Penanggulangan Bencana dan Keselamatan Korsel menyebutkan, 33 korban luka masih dalam kondisi serius dan 116 lainnya luka ringan.

Sementara itu perincian 26 warga asing yang tewas adalah lima dari Iran, masing-masing empat dari China dan Rusia, masing-masing dua dari Amerika Serikat dan Jepang, serta masing-masing satu dari Prancis, Australia, Norwegia, Austria, Vietnam, Thailand, Kazakhstan, Uzbekistan, dan Sri Lanka.



Editor : Faieq Hidayat

BERITA TERKAIT