KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman (tengah) saat kunjungan kerja ke Korem 032/Wirabraja, Rabu (9/3/2022). (Foto: Istimewa)
Riezky Maulana

JAKARTA, iNews.id - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman melanjutkan kunjungan kerjanya ke satuan di wilayah Sumatera. Kini giliran wilayah Kodam I/BB yang dikunjungi, yaitu Korem 032/Wirabraja pada, Rabu (9/3/2022), setelah sebelumnya berkunjung ke Kodam II/Sriwijaya.

Dalam arahannya, Dudung mengingatkan bahwa wilayah Padang, Sumatera Barat (Sumbar), kerap terjadi gempa yang mengakibatkan kerugian hingga korban di masyarakat. Salah satu contohnya yaitu gempa bumi yang beberapa waktu lalu menimpa Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. 

"Tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) salah satu implementasi yang sudah tertuang dalam 7 Perintah Harian KSAD yang kelima yaitu TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan rakyat apapun kesulitannya dan menjadi solusi," ujar Dudung dalam keterangan tertulis, Rabu (9/3/2022). 

Dudung turut mengapresiasi tindakan para prajurit yang langsung bergerak cepat dalam penanganan gempa. baik dari Satuan Teritorial, Yonif 133/YS, Denkes, Denzibang, Denbekang dan Kodim. 

“Semua bergerak dengan cepat sehingga masyarakat dapat tertolong dan tertangani dengan baik," ucap Dudung.

Di sela-sela pengarahan, Jenderal Dudung berpesan kepada seluruh pimpinan dan atasan agar memperhatikan langsung kesulitan anak buah. Dia mengimbau, para pemimpin harus memberikan solusi.

"Hidup harus bahagia, rajinlah berolahraga dan makan yang cukup, nanti seluruh prajurit TNI AD akan mendapat susu serdadu untuk menjaga kesehatan prajurit,” katanya.

Dalam menjalin kehidupan dengan masyarakat, KSAD menuturkan bahwa prajurit lahir dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Sehingga di manapun berada dan bertugas untuk selalu menebar kebaikan kepada sesama, masyarakat. 

"Karena prajurit diciptakan untuk membantu rakyat dan berperang untuk membela negara. Tugas mulia ini merupakan suatu kebanggaan bagi seorang prajurit" ujarnya.



Editor : Aditya Pratama

BERITA TERKAIT