3. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAT) yang meliputi Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).
4. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang meliputi tes tertulis, tes praktik, tes psikologi, tes kesehatan, tes kesamaptaan jasmani, wawancara kompetensi, dan lain-lain sesuai dengan jenis formasi yang dipilih.
Persyataran pendaftaran terbagi dalam 3 sumber lulusan yaitu pertama STLA, Kemudian Diploma dan Sarjana sedangkan untuk sarjana terbagi dua untuk non kesehatan dan kesehatan untuk lebih jelas persyaratan CPNS KemenkumhAM yang sudah digabung seperti dibawah ini :
- Surat lamaran bermaterai Rp. 6000,-. ditujukan Kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam
- Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Fotokopi Surat Keterangan telah melakukan Rekaman Kependudukan *
- Fotocopi Surat Keterangan Domisili**
- Fotokopi Ijasah/ STTB SLTA Sederajat
- Fotokopi Transkrip / Daftar Nilai pada Ijasah/STTB SLTA Sederajat
- Surat Pernyataan dari pelamar bermaterai Rp. 6.000 dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam
- Pas photo berlatar belakang warna merah, ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar
- Lembar Bukti / Kartu Pendaftaran SSCN Tahun ini (Asli)
- Surat lamaran bermaterai Rp. 6000,-. ditujukan Kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam
- Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Fotokopi Surat Keterangan telah melakukan Rekaman Kependudukan *
- Fotokopi Surat Keterangan Domisili**
- Fotokopi Ijasah Diploma III
- Fotokopi Transkrip Nilai Ijasah Diploma III
- Fotokopi Surat Pernyataan dari pelamar bermaterai Rp. 6.000 dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam
- Pas photo berlatar belakang warna merah, ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar
- Lembar Bukti / Kartu Pendaftaran SSCN Tahun ini (Asli)
- Unggah Surat lamaran bermaterai Rp. 6000,-. ditujukan Kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (asli)
- Unggah Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau atau Fotokopi Surat Keterangan telah melakukan Rekaman Kependudukan *
- Surat Keterangan Domisili ** (asli)
- Unggah Ijazah Dokter Spesialis / Dokter / Sarjana *(asli)
- Unggah Transkrip Nilai Ijasah Dokter Spesialis / Dokter / Sarjana * (asli)
- Unggah Surat Pernyataan dari pelamar bermaterai Rp. 6.000 dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (asli)
- Unggah Pas photo berlatar belakang warna merah ukuran 3 x 4 (asli)
Apabila mengacu pada tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa formasi yang biasanya dibuka oleh Kemenkumham, yaitu: