Meskipun dilarang untuk dipraktikan, akan tetapi setiap jenis pasar tentu memiliki kelebihannya masing-masing. Kelebihan pasar oligopoli adalah sebagai berikut:
-Terdapat beberapa persaingan yang cukup ketat bagi produsen untuk memberikan manfaat terbaik kepada para konsumen. Mereka menyadari bahwa konsumen akan lebih menyukai produk yang berkualitas dengan harga terjangkau.
-Perkembangan produk dalam pasar oligopoli cukup pesat. Hal ini dipengaruhi karena kesadaran produsen untuk menarik konsumen dengan memunculkan inovasi-inovasi baru.
-Walaupun lebih cenderung menjual produk yang bersifat homogen, namun di dalamnya kamu bisa menemukan berbagai merek yang berbeda dan kamu dapat memilih produk yang paling sesuai dengan kemauan maupun kebutuhan.
Setiap hal yang memiliki kelebihan pasti akan memiliki kekurangan juga. Kekurangan yang dimiliki oleh pasar oligopoli adalah sebagai berikut:
-Produsen membutuhkan biaya dan strategi promosi yang cukup besar. Hal ini dilakukan adalah upaya untuk menarik perhatian konsumen dan mendapatkan pelanggan.
-Seringkali terjadi perang banting harga yang dialami antarprodusen untuk memikat lebih banyak konsumen.
-Terdapat persaingan ketat di dalam pasar. Hal ini membuat produsen baru sangat sulit untuk masuk dan mengikuti atau bahkan bertahan di sana.
Pasar oligopoli merupakan pasar tempat penawaran ketat. Contoh pasar oligopoli sebenarnya sering dijumpai oleh kita, yaitu seperti industri semen, industri rokok, jasa penerbangan, layanan telekomunikasi, industri kendaraan bermotor, perusahaan baja, alumunium, dan masih banyak lagi.
Demikian pembahasan tentang ciri-ciri pasar oligopoli, jenis, hingga contohnya yang dapat kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat ya untuk bahan kamu dalam belajar. Semangat belajar!