Siapa saja yang terlibat?
Pihak yang terlibat dalam menyelesaikan tantangan ini yaitu kepala sekolah, teman sejawat, dan peserta didik.
Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi.
Sumber daya yang diperlukan yaitu:
Refleksi hasil dan dampak
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkahlangkah yang dilakukan?
Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses
tersebut?
Bagaimana dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan?
Dampak dari aksi yang telah dilakukan yaitu:
1. Dampak bagi guru
a. Meningkatkan kompetensi guru dalam mendesain pembelajaran yang bermakna, menarik, dan inovatif.
b. Meningkatkan keterampilan guru dalam mengoperasikan berbagai aplikasi edit yaitu canva dan filmora.
c. Meningkatkan kompetensi guru dalam mengelola kelas agar peserta didik selalu aktif dalam pembelajaran.
2. Dampak bagi peserta didik
a. Peserta didik lebih bersemangat saat proses pembelajaran.
b. Peserta didik terlatih dalam mengkomunikasikan hasil dengan tanggung jawab.
c. Peserta didik mampu menganalisis penerapan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat
d. Minat membaca peserta didik pada muatan pelajaran IPS materi jenis kegiatan usaha ekonomi meningkat.
e. Minat belajar peserta didik pada muatan pelajaran matematika materi jaring-jaring kubus meningkat.
f. Peserta didik mampu menyebutkan organ pencernaan manusia beserta
fungsinya.
Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?
Secara keseluruhan hasil pembelajaran yang dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran PBL dan PjBL sangat efektif karena mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Hal ini dapat terlihat dari kesimpulan setiap pembelajaran, yaitu:
1. Hasil post test evaluasi muatan pelajaran PPKn, semua peserta didik berjumlah 9 sudah memenuhi KKM serta adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas V sebesar 89% dari 11% menjadi 100%.
2. Adanya peningkatan minat baca sebelum pembelajaran peserta didik berjumlah 9 kriteria kurang menjadi 2 peserta didik kriteria kurang dan 5 peserta didik kriteria baik. Dan hasil evaluasi muatan pelajaran IPS semua peserta didik berjumlah 9 sudah memenuhi KKM.
3. Adanya peningkatan minat belajar sebelum pembelajaran peserta didik berjumlah 7 kriteria kurang dan 2 kriteria baik menjadi 3 peserta didik kriteria kurang 5 peserta didik a kriteria baik dan 1 kriteria sangat baik. Dan hasil evaluasi muatan pelajaran matematika semua peserta didik berjumlah 9 sudah memenuhi KKM.
4. Hasil post test evaluasi muatan pelajaran IPA, semua peserta didik berjumlah 9 sudah memenuhi KKM serta adanya peningkatan hasil evaluasi sebesar 21,1 dari rata-rata 62,2 menjadi 83,3.