JAKARTA, iNews.id - Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran dipelajari di sekolah dalam pelajaran IPS. Lantas, faktor apa saja yang mempengaruhi penawaran? Simak di sini jawabannya.
Melansir buku “IPS Kelas VII SMP Kemendikbud’ penawaran biasanya dilakukan oleh pedagang atau produsen sebagai penghasil barang. Produsen berusaha memproduksi berbagai jenis barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Semua barang dan jasa yang dihasilkan tersebut untuk kemudian ditawarkan kepada konsumen.
Jadi, penawaran adalah kesediaan penjual untuk menjual berbagai barang pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu. Definisi penawaran hanyalah mencerminkan hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan dan tingkat harga.
Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran pertama adalah biaya produksi. Untuk menghasilkan suatu barang diperlukan biaya produksi. Tinggi rendahnya biaya produksi yang dikeluarkan akan menentukan pula harga barang.
Bila produksi tinggi maka produsen akan mengurangi jumlah produksi barang dan akibatnya penawaran berkurang. Sebaiknya jika produksi murah maka akan semakin banyak hasil produksi dan penawaran akan bertambah.
Teknologi yang digunakan dalam memproduksi barang akan memengaruhi jumlah dan kualitas barang hasil produksi. Semakin tinggi teknologi yang digunakan dalam memproduksi barang, maka kualitas dan jumlah barang hasil produksi bertambah dan ini berpengaruh pada naiknya jumlah penawaran.