Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Istimewa)
Binti Mufarida

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melaporkan saat ini wilayah Kabupaten/Kota di Jawa-Bali tidak ada yang masuk pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4. Mayoritas wilayah Jawa Bali berstatus PPKM Level 1 dan 2.

“Saat ini sudah tidak terdapat lagi kabupaten kota yang berada di level 4. Sebanyak 93 persen kabupaten kota di Jawa Bali sudah pada berada pada level 1 dan 2. Hanya tersisa 9 Kabupaten Kota yang masih di level 3,” tegas Luhut dalam Konferensi Pers secara virtual, Senin (4/4/2022).

Menurut Luhut, saat ini kasus Covid-19 di Jawa Bali telah mengalami penurunan yang signifikan.

“Secara khusus untuk wilayah Jawa Bali juga terus mengalami penurunan yang sangat signifikan dalam semua aspek seperti kasus konfirmasi, rawat inap rumah sakit, hingga tingkat kematian di hampir seluruh provinsi Jawa Bali,” paparnya.  

Luhut juga mengatakan seluruh provinsi di Jawa Bali hari ini mengalami penurunan kasus mulai dari 96 persen hingga 98 persen dibandingkan dengan puncak kasus Omicron beberapa waktu yang lalu. “Dampak dari menurunnya tren kasus dan seluruh aspek penyertaan secara langsung dapat memberikan dampak positif terhadap level asesmen kabupaten kota yang keluar hari ini.”

Sementara itu, Luhut mengatakan terkait informasi detail PPKM level di Jawa Bali akan diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri. “Terkait informasi detail mengenai hal ini akan tertuang dalam Inmendagri yang keluar di sore hari ini," katanya.


Editor : Faieq Hidayat

BERITA TERKAIT