Skema ini cukup sukses mengaktifkan geliat dunia riset dan perguruan tinggi di Brunei sehingga tidaklah mengherankan saat ini UBD sudah bercokol di peringkat 298 dunia, hanya selisih dua peringkat dengan Universitas Indonesia sebagai perguruan tinggi dengan peringkat terbaik di dunia. Sementara itu Universiti Teknologi Brunei saat ini sudah menduduki peringkat 379 dunia, terbayang tentu bagaimana Brunei memainkan strategi yang hampir sama dengan Singapura.
Penentuan peringkat perguruan tinggi dunia dilakukan berdasarkan skor reputasi para dosen, skor reputasi para karyawan, rasio dosen terhadap mahasiswa, indeks sitasi dosen (menerangkan berapa banyak jurnal internasional per dosen yang di-sitasi oleh jurnal internasional lain), jumlah dosen asing, serta jumlah mahasiswa asing di perguruan tinggi tersebut.
Pada umumnya perguruan tinggi di Indonesia memiliki skor terendah dalam hal indeks sitasi. Universitas Indonesia contohnya, memiliki peringkat tertinggi di Indonesia (296 dunia), hanya mendapatkan skor 1,9 untuk indeks sitasi, bandingkan dengan Harvard University (peringkat 3 dunia) yang memiliki skor indeks sitasi sebesar 99,6.
Parameter kedua yang merupakan sektor kelemahan perguruan tinggi di Indonesia adalah dalam hal jumlah mahasiswa asing. Strategi mendatangkan mahasiswa asing memang bagaikan fenomena antara telur dan ayam, mahasiswa asing akan berbondong-bondong datang ke Indonesia bila mereka melihat peringkat perguruan tinggi di Indonesia masuk dalam 50 atau 100 besar dunia sehingga tidaklah heran bila Universitas Indonesia hanya memiliki skor 5 dalam hal mahasiswa asing, bandingkan dengan Harvard University yang memiliki skor 66,2 untuk kategori yang sama.
Lalu, apa sebenarnya yang terjadi di negeri ini, yang sejak lama sudah sangat agresif dan progresif dalam hal riset serta pendidikan?
Satu hal terpenting yang tidak boleh dilupakan dalam mengubah wajah perguruan tinggi di Indonesia adalah melakukan inovasi disruptif dalam membangun sistem. Studi mengenai world class university (WCU) dengan tegas menggarisbawahi tiga komponen terpenting bagi sebuah perguruan tinggi untuk mencapai kelas dunia, yaitu talent concentration (tempat berkumpulnya sumber daya manusia terbaik), favorable governance (regulasi yang memfasilitasi) dan abundant resources (finansial dan infrastruktur yang mendukung).
Dalam dunia usaha rumah sakit dan perhotelan di Indonesia, kita sudah sangat tidak asing dengan kerja sama manajemen atau franchising system yang melibatkan negara asing, mampu menjadi daya ungkit terhadap kualitas layanan yang dilakukan. Analogi yang mungkin perlu kita pikirkan bersama untuk membangun perguruan tinggi di Indonesia.
Seorang pimpinan perguruan tinggi, apakah itu rektor asing atau WNI, harus memiliki scientific leadership yang kuat sehingga mampu menciptakan ekosistem yang mendukung perubahan terhadap tiga komponen penting di atas.
Kepemimpinan yang kuat dengan rekam jejak yang baik akan mempercepat proses transformasi, termasuk pemikiran tentang rektor asing, yang harus menjamin adanya proses alih ilmu pengetahuan–teknologi dan sistem manajemen perguruan tinggi sehingga mimpi Indonesia untuk memiliki perguruan tinggi sekaliber Harvard University dapat terwujud.