Mentan SYL Dorong Kopi Indonesia Tersebar di Seluruh Dunia

Sekar Paring Gusti
Mentan SYL menghadiri Social Creative Coffee Expo, sekaligus Launching Kopi Komandan yang digelar di Makassar, Minggu (12/3/2023). (Foto: dok Kementan)

MAKASSAR, iNews.id - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menargetkan pasar yang lebih luas untuk penjualan kopi asal Indonesia. Dia mengatakan, saat ini banyak penikmat kopi di dunia yang suka terhadap kopi Indonesia, salah satunya adalah kopi asal Sulawesi Selatan.

Menurut Mentan SYL, Sulawesi sebagai gerbangnya Indonesia bagian timur memiliki banyak kopi unggulan yang tersebar di wilayah Toraja, Enrekang, Wajo, Parepare, sampai Kopi Malakaji yang sudah terkenal ke seluruh dunia. Maka, pihaknya berharap ada upaya serius dan dukungan penuh dari semua pihak untuk memperkuat akselerasi ekspor.

"Oleh karena itu, kita sudah canangkan tanam kopi sebanyak 30 juta. Kenapa? Karena di pikiran saya untuk lima tahun ke depan tidak ada warung kopi di dunia yang terbesar di dunia di semua negara yang tidak ada kopi Indonesianya. Jadi, tidak ada cafe kopi di dunia yang tidak ada Kopi Torajanya, Kopi Enrekangnya, Kopi Malakajinya, dan Kopi Pareparenya," ujar SYL saat menghadiri Social Creative Coffee Expo, sekaligus Launching Kopi Komandan yang digelar di Makassar, Minggu (12/3/2023).

Mentan SYL menjelaskan, banyak kopi asal Indonesia yang memiliki harga fantastis di toko kopi dunia. Bahkan berdasarkan harga di gelaran One Day with Indonesian Coffee, Fruits, and Floriculture di 10 negara, harga rata-rata kopi Indonesia mencapai Rp400 hingga Rp500 ribu per-kilogram. Maka, pihaknya mengatakan, potensi kopi yang cukup besar ini perlu ditingkatkan untuk memantik kesejahteraan petani dan masyarakat luas.

"Saya kira acara-acara seperti ini harus rutin dilaksanakan untuk mengangkat produk kopi nasional. Kita tentu saja melihat sudah makin dikenalnya branding Kopi Arabika Toraja dan Kopi Arabika Kalosi Enrekang dan Kopi Arabika Bantaeng yang telah memiliki sertifikasi Indikasi Geografis (kekhasan produk disuatu tempat). Dan sekarang yang kita butuhkan adalah branding yang terukur dan keberlanjutan, seperti Kopi Komandan yang telah memiliki branding dan hak atas kekayaan intelektual," ucapnya.

Editor : Rizqa Leony Putri
Artikel Terkait
Bisnis
17 hari lalu

Bank Mandiri Akselerasi Industri Kopi Nasional lewat Jakarta Coffee Week 2025

Kuliner
4 bulan lalu

Roemah Koffie Jalin Sinergi dengan iNews Media Group, Perkuat Literasi Kopi dan Warisan Budaya

Kuliner
5 bulan lalu

Kopi Indonesia Banyak Dicari di Jepang, Aroma dan Kualitas Jadi Perhatian

Kuliner
5 bulan lalu

Kopi Indonesia Pukau Jepang, Keharumannya Mendunia di World Expo 2025

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal