Bentuk pasar oligopoli dapat dibedakan menjadi dua bentuk, yaitu sebagai berikut.
Pasar oligopoli ketat, artinya terdapat penggabungan empat perusahaan terkemuka yang memiliki pangsa pasar 60-100 persen. Kesepakatan di antara mereka dalam menetapkan harga relatif lebih mudah. Misalnya seperti, semen, siaran TV, dan perbankan lokal.
Pasar oligopoli longgar, artinya di mana terdapat penggabungan empat perusahaan terkemuka yang memiliki 40 persen atau kurang dari pangsa pasar. Kesepakatan di antara mereka dalam menetapkan harga sebenarnya tidak mungkin. Misalnya seperti, kayu, perangkat keras, dan perkakas rumah.
Di Indonesia, pasar ban mobil merupakan contoh pasar oligopoli, karena pasar ban mobil di Indonesia dikuasai oleh beberapa perusahaan saja. Selain itu, contoh pasar oligopoli lainnya adalah industri semen, perusahaan semen, baja, aluminium dan produk lain yang hampir semuanya distandarisasi.
Adapun contoh oligopoli yang terdiferensiasi adalah industri-industri yang memproduksi mobil, rokok, komputer pribadi (PC), dan sebagian besar peralatan elektronik yang pasarnya didominasi sekitar empat perusahaan besar.
Itulah penjelasan tentang pasar oligopoli yang dapat kamu jadikan sebagai referensi pembelajaran. Selamat belajar!