Baca Juga
Apa yang Dimaksud dengan Redistribusi Pendapatan? Ini Pengertian, Jenis dan Fungsinya
Apa Ciri-ciri dari Oligopoli?
Ciri-ciri pasar oligopoli di antaranya adalah sebagai berikut:
- Ada beberapa produsen yang menguasai pasar, baik secara independen atau secara bersama.
- Masing-masing penjual mempunyai kekuatan untuk menentukan harga jual output.
- Output yang diproduksi sejenis.
- Terdapat hambatan bagi produsen baru untuk memasuki pasar, namun tidak sebesar hambatan di pasar monopoli.
- Karakteristik Bentuk Pasar Oligopoli
Adapun lima karakteristik bentuk pasar oligopoli yang di antaranya adalah sebagai berikut.
Baca Juga
11 Contoh Kegiatan Ekonomi, Pengertian, Tujuan dan Jenisnya Lengkap
- Di pasar yang berbentuk oligopoli hanya terdapat sedikit penjual dan keputusan seorang penjual akan mempengaruhi penjual yang lain. Artinya, perusahaan-perusahaan pada pasar oligopoli akan memberikan respons apabila pesaingnya melakukan suatu tindakan yang mempengaruhi keadaan pasar.
- Produk-produk dapat distandarisasikan. Industri dalam bentuk pasar oligopoli ini dijumpai pada industri yang menghasilkan bahan-bahan mentah, seperti baja dan alumunium.
- Pembedaan produk atau corak. Semakin besar tingkat perbedaan produk, maka produsen semakin tidak tergantung pada aktivitas-aktivitas perusahaan lainnya.
- Ada kemungkinan perusahaan lain untuk masuk ke pasar, namun tidak mudah. Umumnya, perusahaan besar memiliki skala ekonomis yang besar dalam melakukan kegiatan produksinya sehingga para perusahaan yang layak saja yang bisa masuk.
- Melakukan promosi iklan sangat diperlukan untuk persaingan. Untuk bentuk pasar oligopoli yang menghasilkan produk dengan corak yang berbeda, akan memanfaatkan iklan untuk tempat promosi produk untuk menarik pembeli baru, meskipun membutuhkan biaya yang sangat besar.