JAKARTA, iNews.id - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin menepis pernyataan pihak-pihak yang menyebut Jokowi telah melakukan penyempitan makna milenial. TKN menilai esensi dan tolok ukur dari seorang individu yang disebut milenial justru terefleksikan dari karakteristiknya.
Wakil Direktur Komunikasi Politik TKN Jokowi-Ma’ruf, Putra Nababan mengatakan, karena pembawaan Jokowi yang milenial, mantan Gubernur DKI Jakarta itu selalu pas mengenakan atribut-atribut kekinian.
"Jadi Pak Jokowi suka musik heavy metal, suka naik motor, trendi, suka pakai jeans, pakai sepatu kets, itu memang bawaan dia. Ada pemimpin-pemimpin yang tidak cocok, tetapi menurut saya pak Jokowi sangat cocok dengan itu," kata Putra di Jakarta, Rabu (7/11/2018).
Pernyataan Putra ini disampaikan menanggapi sindiran Koordinator juru kampanye Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak, bahwa Jokowi melakukan kepura-puraan dalam bersikap hanya untuk menarik simpati kaum milenial.
Dahnil juga menganggap Jokowi dan timnya mempersempit definisi milenial hanya sekadar kategori umur dan kategori fisik. Putra menegaskan, makna milenial bukan hanya ditentukan oleh umur atau jenis pakaian yang dikenakan. Baginya, milenial diukur dari watak.