Ramai Aksi Klitih, Dosen UGM Sebut Gegara Tekanan Pandemi Covid-19

Puti Aini Yasmin
Ilustrasi Pelaku Klitih

Untuk itu, ia mengimbau sejumlah pendekatan yang dapat dilakukan untuk mencegah remaja terlibat dalam aktivitas negatif seperti klitih, salah satunya dengan menciptakan lingkungan yang positif.

“Lingkungan positif harus dimaknai sebagai lingkungan yang memberi rasa aman bagi siswa untuk melakukan kegiatan sesuai dengan kodratnya sebagai manusia, juga dimaknai dengan adanya peran masyarakat yang terkecil dalam membangun kegiatan yang partisipatif,” ujar Rizal.

Kemudian, sekolah dan keluarga perlu membangun penalaran dan kesadaran anak, memperbanyak ruang refleksi dalam proses belajar dan mendorong anak untuk mengenali potensi, keunikan, serta emosinya.

Anak menurutnya perlu lebih banyak terlibat dalam kegiatan belajar yang berbasis masalah, di mana anak didorong untuk melakukan aktivitas yang positif bagi masyarakat.

“Anak tidak boleh teralienasi dari masyarakat. Belajar membangun rasa empati, dan sejak muda dia mengerti bahwa ilmu pengetahuan, keterampilan diri, dan kompetensi sosialnya bermanfaat bagi orang lain, dengan begitu anak tidak merasa sebagai useless generation,” tutup Rizal.

Editor : Puti Aini Yasmin
Artikel Terkait
Health
18 hari lalu

China Diserang Virus Flu Baru, OTW Pandemi Lagi?

Nasional
21 hari lalu

Sambutan di Dies Natalis ke-62 FK UGM, Rektor Ova Emilia Sebut Jokowi Alumni 1980

Nasional
1 bulan lalu

Program MBG Dinilai Bisa Ciptakan Pelaku UMKM Baru, Begini Caranya

Nasional
1 bulan lalu

Cerita Megawati Punya Banyak Gelar Tanpa Ada Pemalsuan di Forum UGM, Sindir Siapa?

Nasional
2 bulan lalu

Alumni Tak Puas Pernyataan UGM Terkait Ijazah Jokowi: Seharusnya Beri Keterangan Berdasarkan Fakta!

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal