Popularitas Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur tertinggi. (Foto ist).
Inin nastain

JAKARTA, iNews.id - Popularitas Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur cukup mendominasi. Menteri Pertahanan itu mengalahkan dua tokoh yang saat ini memimpin dua provinsi tersebut.

Data tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei dan Analisa Kebijakan Publik (LANSKAP) pemilih Jawa Tengah dan Jawa Timur terhadap kepemimpinan Nasional 2024. 

Di Jawa Tengah, tingkat popularitas Prabowo mencapai angka 95,8 persen. Adapun koresponden yang menjawab tidak tahu, hanya di angka 4,2 persen. 

"Jadi kalau berbicara popularitas, tingkat kepopuleran Pak Prabowo di Jawa Tengah persepsi publik berdasarkan hasil temuan survey ini bahwa beliau masih di posisi paling atas," kata Direktur Eksekutif LANSKAP Mochammad Thoha saat konferensi pers daring, Senin (18/7/2022).

Di bawah Prabowo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo berada di posisi ke dua, dengan raihan 93,5 persen. Ketiga Sandiaga Uno 87,5 persen, Anies Baswedan 85,6 persen, "Kemudian Basuki Tjahaja Purnama, Ridwan Kamil, dan 80,1 persen Puan Maharani," jelas dia.
 
Hasil serupa juga terjadi di Provinsi Jawa Timur. Di daerah ini, nama Prabowo masih berada di posisi pertama dengan jumlah suara sebanyak 85 persen. Untuk koresponden yang menjawab tidak tahu 15 persen.

Survei Lanskap dilakukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sample yang dicuplik dari masing-masing provinsi adalah 880 responden dengan menggunakan teknik multistage random sampling dengan margin of error ±3,3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei ini marupakan hasil survei yang dikumpulkan melalui wawancara tatap muka di 29 Juni hingga 8 Juli 2022.


Editor : Faieq Hidayat

BERITA TERKAIT