KSAL Laksamana TNI Yudo Margono. (Foto: Istimewa)
Riezky Maulana

JAKARTA, iNews.id - KSAL Laksamana TNI Yudo Margono meninjau langsung seleksi prajurit TNI AL yang akan dipilih menjadi Komandan Upacara (Danup), Komandan Kompi (Danki), dan Pembawa Acara di Lapangan Apel Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/6/2022). Sedikitnya ada 18 prajurit ikut serta dalam seleksi ini. 

Seleksi tersebut dimaksud untuk memilih perwakilan TNI AL yang ikut serta pada Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) dan pacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 2022.

Yudo menuturkan, para peserta telah melalui proses seleksi yang ketat sebelumnya. Untuk dapat terpilih mewakili TNI AL, mereka harus menunjukkan kemampuan terbaik. 

"Kalian yang di sini tentunya sudah melalui seleksi baik postur, suara, dan sebagainya tapi yang dikirim juga harus dipilih dari sekian orang ini. Silakan ini masih ada waktu untuk bersaing supaya ditunjuk yang terbaik tentunya dari yang baik,” ujar Yudo dikutip Rabu (29/6/2022).

Dia berpesan kepada peserta seleksi untuk tetap semangat. Kemudian jika nanti dinyatakan tak lolos seleksi agar tidak berkecil hati dan putus asa. Menurut dia, peserta yang terpilih akan membawa nama besar Angkatan Laut dan TNI.

"Kalian tetap harus semangat tidak usah berkecil hati, tidak usah putus asa, tidak usah iri dengan yang sudah ditunjuk. Mungkin itu yang terbaik untuk membawa nama besar Angkatan Laut dan juga nama besar TNI,” ucapnya.

Sekadar informasi, sebanyak 6 orang calon Danup berpangkat Kolonel bersaing menjadi yang terbaik. Mereka berasal dari Koarmada I, Kodiklatal, Pasmar-1, dan Seskoal.

Sementara itu, untuk 6 Danki berpangkat Kapten berasal dari Koarmada II, Pasmar-1, AAL, dan Puspenerbal. Lalu untuk calon peserta seleksi pembawa acara berjumlah 6 orang berpangkat Sertu dan Serda. 

Mereka berasal dari Koarmada I, Kolinlamil, Pasmar-1, Kodiklatal, dan Rumkital Dr Ramelan.


Editor : Rizal Bomantama

BERITA TERKAIT