KSAL Laksamana TNI Yudo Margono mewisuda 107 taruna AAL angkatan ke-67 tahun 2022 di Gedung Maspardi, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (24/6/2022). (Foto: Istimewa)
Riezky Maulana

JAKARTA, iNews.id - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono meminta para lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) agar tidak saling menjatuhkan setelah nanti menjalani tugas sebagai perwira. Menurut dia, para taruna harus memberikan bakti terbaiknya kepada bangsa dan negara. 

Penekanan itu disampaikan Yudo ketika menutup pendidikan sekaligus mewisuda 107 taruna AAL angkatan ke-67 tahun 2022 di Gedung Maspardi, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (24/6/2022).

"Berlomba-lomba mempersembahkan pengabdian terbaik dan menjadi manfaat yang sebesar-besarnya bagi TNI Angkatan Laut, bangsa dan negara tercinta. Kalian tidak perlu saling menjatuhkan untuk meraih kemenangan," ujar Yudo. 

Yudo mengatakan itu bukan tanpa alasan. Sebab, nantinya mereka akan menjalankan dua peran yang saling bertolak belakang. Pada satu sisi membangun persahabatan dan persaudaraan sesama alumni. 

Namun, di sisi yang lain juga harus berkompetisi. Hal itu dikarenakan, para lulusan AAL ini akan berkarier di bidang yang sama, di waktu yang sama dan di level yang sama. 

“Agar kompetisi tak merusak persaudaraan dan dapat berkarya memberikan yang terbaik, maka yakinilah bahwa ketetapan dan takdir Tuhan tidak akan tertukar, dengan keyakinan itu, maka kalian tak akan menjadi sombong bila berhasil, putus asa bila gagal dan iri dengan keberhasilan teman lain,” katanya.

Yudo menuturkan, para Taruna AAL telah disiapkan menjadi Jalasena-Jalasena baru yang memiliki figur sebagai pemimpin yang berkarakter, profesional, adaptif, visioner, inovatif, dan berkomitmen. 

“Penutupan pendidikan dan kelulusan bukan akhir dari perjuangan, justru ini adalah garis awal dari dunia kalian yang sesungguhnya. Dharma bakti kalian kepada negara melalui TNI Angkatan Laut akan dimulai sejak kalian dilantik menjadi perwira dan menjalani penugasan,” ucapnya. 

Upacara Tupdik dan Wisuda ini menandai berakhirnya pendidikan 107 Taruna AAL angkatan ke-67 2022. Mereka terdiri dari 39 orang Korps Pelaut dan 1 orang menempuh pendidikan National Defence Academy (NDA) di Jepang. 

Selanjutnya, 14 orang Korps Tehnik, dan 14 orang Korps Elektronika, 15 orang Korps Suplai, dan 25 orang Korps Marinir.

Selain memperoleh gelar Sarjana Terapan Pertahanan atau STr (Han), para Taruna AAL juga berhak menyandang pangkat Letnan Dua. Mereka akan terlebih dulu disumpah dan dilantik oleh Presiden Joko Widodo dalam upacara Prasetya Perwira. Para taruna dari 3 matra TNI dan kepolisian dilantik pada 14 Juli 2022 mendatang.

Sebagai informasi, calon perwira yang menjadi lulusan terbaikadalah Sermatutar (P) Elang Tri Esthi Fitrananda, STr (Han). Dirinya berhak mendapatkan penganugerahan Bintang Adhi Makayasa. 

Elang lahir di Surabaya, 9 Januari 2000. Dia merupakan putra dari pasangan Edhi Tri Esthi M dan Donata Murtis. 

Sementara itu yang berhasil meraih skripsi terba yaitu Sermatutar (E) Arum Safitri, STr (Han). Arum berhak mendapatkan penghargaan Adhi Pratama Karya. Arum diketahui ahir di Malang, 8 Januari 2000, putra dari pasangan Sadali dan Yatun. 


Editor : Rizal Bomantama

BERITA TERKAIT