Kampus Unnes . (foto Istimewa)
puti aini yasmin

JAKARTA, iNews.id - Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuka seleksi khusus untuk para hafiz quran atau penghafal Alquran. Nantinya, mereka bisa langsung diterima tanpa tes.

Menurut Rektor Unnes Fathur Rokhman kemampuan siswa penghafal Quran sudah terbukti cerdas karena kemampuannya menghafal. Alhasil, ia menilai siswa penghafal Quran tidak perlu lagi dites kecerdasannya.

"Allah telah menjanjikan untuk mengangkat derajat manusia yang berilmu. Para hafiz adalah anak-anak berilmu dan memiliki bakat istimewa. Unnes ingin anak-anak dengan bakat istimewa itu mendapatkan fasilitas melanjutkan pendidikan," ucap dia dikutip dari laman resmi Unnes, Rabu (27/4/2022).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pihaknya sangat menghargai siswa yang memiliki ilmu di bidang agama. Pasalnya, Unnes sendiri merupakan rumah Ilmu Pengembangan Peradaban.

“Komitmen Unnes sebagai Rumah Ilmu adalah menjadi pengembang peradaban unggul. Siswa penghafal Al-Quran adalah anak muda yang memiliki keunggulan. Bakat mereka harus difasilitasi agar terus berkembang,” sambungnya.

Fathur menjelaskan syarat seleksi masuk hafiz Quran ini adalah membuktikan kemampuan hafalan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga. Adapun, mereka harus menghafal minimal 20 juz untuk Muslim dan prestasi keagamaan lain untuk non Muslim.

Selain hafiz, Unnes juga mengundang siswa yang memiliki bakat di bidang seni, olahraga atau sains untuk mengikuti seleksi jalur prestasi. Mereka cukup perlu melampirkan bukti prestasi ke panitia dan melakukan proses wawancara.

Seleksi masuk khusus hafiz dan prestasi lainnya dapat dicek di laman penerimaan.unnes.ac.id. Apakah kamu tertarik? Semoga berhasil ya!



Editor : Puti Aini Yasmin

BERITA TERKAIT