JAKARTA, iNews.id - Dunia otomotif dan fashion awalnya dipandang dua ranah terpisah. Namun, kini semakin erat berkolaborasi, melahirkan sebuah tren baru Kustom Kultur.
Fenomena ini bukan sekadar modifikasi kendaraan atau penciptaan lini busana, melainkan perpaduan harmonis antara desain, teknik, dan ekspresi diri yang menghasilkan karya seni bergerak, dan gaya personal unik.
Hal tersebut terjadi karena otomotif telah bergeser menjadi bagian dari lifestyle seseorang. Tak heran, brand otomotif mulai merambah dunia apparel dengan meluncurkan koleksi terinspirasi dari filosofi desain produk mereka, menargetkan para penggemar yang ingin mengekspresikan kecintaan mereka pada otomotif.
Seperti yang dilakukan Motul Indonesia berkolaborasi dengan ikon fashion bergenre kustom kultur, Von Dutch. Kolaborasi ini menandai masuknya otomotif ke ranah gaya hidup urban. Beberapa lini produk eksklusif dalam kolaborasi ini, antara lain T-Shirt and Workshirt, Jaket and Windbreaker, Trucker Hat and Snapback, Rubber Keychain, serta Bag and Totebag.
Seluruh item Motul x Von Dutch ini tersedia sejak 5 Juli 2025 di berbagai flagship store Von Dutch, serta seluruh kanal online resmi di marketplace. Sejauh ini, flagship store Von Dutch tersebar di beberapa lokasi, antara lain Gubeng (Surabaya), Ubud (Bali), dan Bahureksa (Bandung).